Pendidikan inklusif merupakan sebuah paradigma baru dalam layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini anak berkebutuhan khusus dapat mengakses layanan pendidikan di sekolah reguler. Layanan pendidikan inklusif menuntut sistem di sekolah harus menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu hal yang menjadi problematik sekolah reguler yang baru menyelen…
Buku ini menyajikan informasi berkenaan dengan prosedur pengembangan kurikulum adaptif anak berkebutuhan khusus yang menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak berdasarkan hasil asesmen. Selain itu, dalam buku ini juga disajikan secara rinci contoh dan ilustrasi pengembangan kurikulum adaptif dengan empat model pengembangan, yakni model duplikasi, model substitusi, model modifikasi, dan mod…
Persoalan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) masih jadi perhatian, karena sekolah-sekolah reguler milik pemerintah sejauh ini mayoritas belum menyediakan fasilitas untuk anak didik berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusif merupakan pendekatan untuk mengubah sistem pendidikan agar dapat mengakomodasi peserta didik yang sangat beragam. Tujuannya agar memungkinkan baik guru ma…
Dunia pendidikan serta pelayanan kesehatan anak dan remaja kelak akan mengalami perubahan besar dalam bidang organisasi dan pembiayaannya, karena diperlukan adanya Undang-Undang Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan pelayanan kesehatan anak dan remaja. Pelaksanaan ini akan membawa konsekuensi adanya prosedur baru, komisi baru, ketidakpahaman, ketidakjelasan, masalah kerja sama, bagai…
Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman terbaik selama membantu kementerian pendidikan dan kebudayaan maupun pendidikan tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan selama memberikan pendampingan kepada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Indonesia. Buku ini disusun sebagai referensi utama bagi mahasiswa program kependidikan