Model Inclusive Teaching (I-Teach) merupakan model pengajaran yang diperuntukkan bagi guru yang mengajar di kelas inklusif, di mana proses pembelajaran di dalamnya melibatkan kehadiran dan partisipasi dari anak dengan kebutuhan khusus. Proses pembelajaran dengan model I-Teach ini dilaksanakan secara terpadu dengan tematik atau berbasis tema. Adapun proses pembelajaran yang dikembangkan meliputi…
Buku Perencanaan Pembelajaran ini memaparkan seluk-beluk perwacanaan pendidikan untuk anak usia dini, mulai dari tahap pengenalan menyusun rencana dan desain pembelajaran. Buku ini ditujukan kepada semua pendidik dan calon pendidik yang akan merencanakan pembelajaran di pendidikan anak usia dini sehingga lebih memperkaya wawasan dan membantu pembaca memahami persiapan-persiapan apa saja yang di…
Pada buku ini penulis mengkaji tentang merdeka belajar yang dikaitkan dengan hakikat anak usia dini, pendidikan anak usia dini, implementasi merdeka belajar di PAUD melalui bermain, serta enam program pengembangan pada kurikulum PAUD yaitu program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional dan kemandirian, serta program pengembangan seni
Buku ini membahas mengenai pengembangan perilaku dalam pembelajaran PAUD sehingga tercipta pengondisian secara utuh di lingkungan sekolah sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan dan kompetensi orang tua dalam pengasuhan anak serta karakteristik pola-pola pengasuhan dalam keluarga.
Buku ini berisi model pembelajaran kooperatif dan contoh penerapannya pada jenjang Sekolah Dasar, yang diawali dengan pengertian, komponen utama model, kelebihan dan kekurangan dan RPR Adapun model yang disajikan dalam buku ini meliputi TGT, NHT, CIRC, Example Non Example, Talking Stick, TTW, TS-TS, Scramble, Kontekstual, Role Playing, Group Investigation. Make a Match, PBL, Cycle 5 E, Student …
Sesuoi dengan amanat Kurikulum Tingkat Sotuan Pendidikan [KTSP], bahwa guru sebagai agen ipembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual dengan 'melibatkan langsung perdn serta peserta didik secara aktif (student centre). Sebaik apa pun substansi materi ajar tetap jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya, maka substansi ters…
Buku yang berjudul Model Pembelajaran Multipel Representasi ini merupakan buku hasil penelitian pengembangan yang telah penulis lakukan sejak Tahun 2009 hingga Tahun 2014. Pengembangan model pembelajaran tersebut didasarkan atas teori belajar konstruktivisme, teori pemerosesan informasi, teori duel coding, dan teori Schonbom-Anderson. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan cara mengintegras…
Pembelajaran sebagai salah satu titiktumpu pendidikan, khususnya sejarah, selalu memainkan peran penting dalam kemajuan peserta didik. Guna tercapainya output pendidikan yang baik dan berkualitas maka pembelajaran selalu melibatkan metode dan model yang baik. Oleh karenanya, berbagai pemikiran mengenai model dan metode yang digunakan oleh para pakar pendidikan, khususnya pendidikan sejarah, sen…
Model pembelajaran emansipatoris diaksentuasikan pada pembelajaran berpusat pada peserta didik. Namun, buku ini juga tidak mengisolasi keberadaan model pembelajaran berpusat pada guru. Beberapa model pembelajaran berpusat pada guru sengaja disajikan agar oposisi binari (pembelajaran berpusat pada siswa versus pem¬belajaran berpusat pada guru) memudahkan pembaca memahami makna model pembelajara…
Selama ini terbentuk kesan umu bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam kehidupan sehari-hari. Lalu mengapa matematika sampai begitu menakutkan? Boleh jadi karena cara pembelajarannya yang salah, tapi mungkin juga karena seng…
Model pembelajaran berkonotasi sebagai suatu patron atau pola yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Apa isi model tersebut? isinya tentu tidak lepas dari berbagai teori yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya berbagai teori yang berkenaan dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Istilah strategi, metode, teknik, dan…
Sesuai dengan amanat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bahwa model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu p…
MASALAH utama yang dihadapi bangsa kita saat ini adalah rendahnya kualitas hidup manusia yang ditunjukkan oleh rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia bila dibanding dengan negara lain di dunia. Pemberdayaan anak dipandang sebagai bagian utama peningkatan kualitas mutu hidup manusia, karena anak adalah kelompok strategis keberlanjutan bangsa. Dengan fokus pada anak, maka sekalig…
Sesuai dengan amanat Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah diimplemaentasikan mlalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan [KTSP], bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara konteksual dengan melibatkan langsung peran serta peserta didik secara aktif (student centre). Sebaik apa pun substansi materi ajar, tetapi jika guru tidak mampu mengemas sec…