Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa. Untuk membelajarkan seseorang, diperlukan pijakan teori agar apa yang dilakukan guru, dosen, pelatih, instruktur maupun siapa saja yang berkeinginan untuk membelajarkan orang dapat berhasil dengan baik. Ada dua pijakan teori yang dapat dijadikan pegangan agar pembelajaran berhasil dengan baik. Kedua teori tersebut adalah teori belajar yang bersi…
Buku ini mengulas lima belas bab yang berkaitan dengan bagaimana kurikulum dalam konteks pendidikan kita. Bab pertama memuat tentang telaah atas kurikulum pendidikan di Indonesia, disusul dengan bab berikut masing-masing mengulas secara mendalam tentang pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum tingkat satuan pendidikan, rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan da…
Buku ini dirancang sebagai upaya menyumbangkan pemikiran mengenai tujuan pendidikan di Indonesia, walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Untuk itu, di dalam buku ini disoroti beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan. Landasan tersebut meliputi landasan filosofi pendidikan, landasan psikologi pendidikan, landasan antropologi pendidikan, landasan teknologi pendidi…
Dunia pendidikan tidak pernah terlepas dengan keberadaan seorang guru. Hal tersebut dikarenakan, seorang guru memiliki pengaruh yang besardalam menentukan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, seorang guru juga memiliki andil untuk membentuk karakter peserta didik. Namun, di antara banyaknya tanggung jawab seorang guru, ternyata begitu banyak pula aspek yang memengaruhinya dalam menjalankan tugas…
Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran, menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran, dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuan pembelajaran selama ini, seperti Reigeluth dan Mer…
Anak-anak ibarat bunga beraneka warna di taman yang indah, mereka akan tumbuh dan merekah dengan keelokannya masing-masing. Anda sebagai orang tua, sebagai guru, bangunlah potensi-potensi mereka agar mereka tumbuh mekar dengan sempurna! Pendidikan selama ini dirancang dengan mengedepankan proses perkembangan kognitif yang melibatkan otak rasional, sangat jarang bahkan mungkin langka melibatk…
Motivasi merupakan dorongan dasar yang menggerakkan seorang individu untuk melakukan suatu perbuatan. Karena itulah, baik buruknya perbuatan seseorang sangat bergantung pada motivasi yang mendorong perbuatan tersebut. Hal tersebut yang menjadikan motivasi sebagai salah satu ilmu yang menarik dijadikan variabel untuk diteliti. Buku ini memaparkan semua hal mengenai motivasi. Dimulai dengan pe…
Pakar teknologi komunikasi mengatakan dunia seolah nyaris tanpa jarak, ruang dan waktu. Kendala geografis dan jarak tidak menjadi halangan untuk penyebaran informasi. Segala yang terjadi dari belahan dunia manapun, bisa diketahui dan diakses dengan cepat. Salah satu yang merasakan manfaat akan kehadiran teknologi komunikasi adalah dunia pendidikan. Pendidikan menggunakan teknologi komunikasi…
Model pembelajaran berkonotasi sebagai suatu patron atau pola yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Apa isi model tersebut? isinya tentu tidak lepas dari berbagai teori yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya berbagai teori yang berkenaan dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Istilah strategi, metode, teknik, dan…
Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalui berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas pendidkan sebagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurang berhasil dibentuk melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan mar…
Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dioperasionalkan melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikenal istilah Assessment Pembelajaran. Bagian penting dari assessment pembelajaran adalah bagaimana cara melakukan penilaian, bagaimana prosedur penilaian, pengolahan data, penetapan skor hingga pelaporannya. Sehingga gambaran dari hasil pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru d…
Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa guru memiliki peranan penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dalam konteks yang lebih khusus berarti guru harus memiliki kompetensi yang hebat, wawasan yang luas, menguasai ilmu yang akan diajarkan sekaligus memiliki keterampilan untuk mengajar. Hal tersebut dapat dicapai jika guru terus-menerus meningkatkan kualitas dirinya. Namun, m…