Seperti layaknya tenaga kependidikan lainnya, tenaga laboratorium sekolah juga merupakan tenaga Fungsional. Oleh karena itu diperlukan adanya kualifikasi, standard kompetensi, dan sertifikasi. Sebagaimana diatur dalam Permendiknas no. 26 tahun 2008, untuk menjadi seorang Kepala Laboratorium, Laboran, atauTeknisi Laboratorium dibutuhkan kualifikasi khusus. Selain hams memenuhi tingkat pendidikan…
Buku ini membahas tentang pengelolaan laboratorium sekolah sistem manual dan model pengelolaan laboratorium sekolah sistem online
Sangat esensial bagi para konselor (guru pembimbing), para pendidik, dan para orang tua untuk memahami potensi, bakat, atau kemampuan individu-individu siswa (peserta didik), termasuk mengetahui masalah-masalahnya. Masalah tersebut baik menyangkut masalah pribadi, belajar, sosial, maupun pekerjaan, jabatan atau karier. Tes psikologis sangat perlu dilakukan agar peserta didik mampu memahami diri…
Tema utama buku ini mempelajari apa cara terbaik untuk membantu siswa percaya bahwa matematika itu mudah dan bahwa mereka sendiri mampu menggunakan matematika adalah suatu perjalanan mengasyikkan dan proses berkelanjutan. Hal ini membutuhkan pengetahuan yang diperoleh dari penelitian, kebijaksanaan yang diperoleh dari sesama kolega profesional dan ide-ide berguna yang didapat dari pengalama…
Perubahan dan pengembangan dalam konteks sekolah dasar merupakan hal yang vital dalam memastikan bahwa pendidikan anak-anak berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Perubahan dan pengembangan dalam pendidikan sekolah dasar (SD) sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan anak-anak sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan mereka.
Pada umumnya, matematika merupakan pelajaran yang sukar dipahami. Untuk memahami materi yang kita pelajari dalam matematika diperlukan banyak latihan dalam memahami soal-soal, karena bahasa matematika berbeda dengan bahasa yang umumnya, setiap kata dan kalimat matematika mengandung konsekuensi logis dalam penerjemahannya. Konsep matematika diperlukan dalam mencapai kebenaran dan ketepatan dari …
Dunia terus berubah, demikian pula dunia pendidikan. Globalisasi terus diwarnai dengan oleh teknologi yang semakin canggih dan digitalisasi. Perubahan ini melahirkan tantangan yang selalu berbeda pula. Oleh sebab itulah, pendidikan pun harus bisa fleksibel mengikuti zaman, adaptif, dan memiliki fondasi yang kokoh. Merdeka Belajar menjawab tantangan globalisasi ini, termasuk melalui program "Sek…
UU Nomor 23 Tahun 2002 pasal 4 tentang perlindungan anak: “bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya.”Sekolah Ramah Anak (SRA) ad…
Perpustakaan sebagai pusat gudang ilmu, pusat informasi dunia, atau sarana kita mencari informasi sebagai jendela dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka peran pustakawan pada sebuah perpustakaan sebagai media penyampai informasi dapat dengan menggunakan berbagai program kemasan informasi dengan aneka penyajian
Keunggulan dan kualitas suatu sekolah dipengaruhi oleh berbagai variabel, variabel kompetensi kepala sekolah memiliki posisi yang sangat penting, kualitas kompetensi kepala sekolah akan memengaruhi efektivitas sekolah, dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, yaitu lingkungan belajar yang memotivasi para anggota sekolah untuk mengembangkan potensi, kreativitas, dan inovasi. Hanya kepal…
Sekolah sebagai sistem terbuka, sistem sosial, dan perubahan diharapkan dapat peka menyesuaikan diri dan dapat mengantisipasi perkembangan-perkembangan yang akan terjadi dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, diperlukan peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, yaituperilaku kepala sekolah yang mampu memprakarsai pemikiran baru di dalam proses interaksi di lungkungan sekolah dengan melakukan perubahan…
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, merupakan sarana yang strategis dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, sekolah di harapkan menjadi wadah mempersiapkan generasi-generasi penerus yang terampil, sehat jasmani dan rohani, dan kreatif dalam menyonsong masa depannya. Keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah menuntut makin baiknya sarana dan p…
Buku ini berisikan teori administrasi, manajemen, dan kepemimpinan yang bersifat umum sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menambah wawasannya di ketiga bidang tersebut. Selanjutnya, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan p…
Prestasi siswa dalam menempuh pendidikannya sering dikaitkan dengan kualitas, kuantitas, dan kinerja guru. Guru berkuasa penuh atas kelas yang dipimpinnya. Guru berkuasa menjadikan ruang kelasnya sebagai neraka yang membuat siswanya trauma untuk datang. Namun, guru juga berkuasa menjadikan ruang kelasnya sebagai surga yang membuat siswanya betah dan selalu termotivasi untuk ke sekolah dan sebag…
-
Buku Pengelolaan Laboratorium IPA Sekolah ini membahas tentang cara pengelolaan laboratorium IPA SMP dan laboratorium kelompok IPA (Fisika, Kimia, Biologi) di SMA/SMK. Penulis memaparkan tentang desain dan tata ruang laboratorium, organisasi dan tata kelola laboratorium, cara penyimpanan dan perawatan alat dan bahan, keselamatan bekerja di laboratorium, dan cara pengembangan peralatan laborator…
Buku ini sejatinya merupakan buah dari kegelisahan penulis mendapati realitas pendidikan di Indonesia, yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam (PAI). Mata pelajaran PAI yang selama ini diajarkan mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi seharusnya dapat membentuk pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah sSi, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2003 t…
Align Your Physical Education Instruction with National Standards In an easy-to-read, fluent style, this expert author team brings you Instructional Strategies for Secondary School Physical Education, a comprehensive overview of secondary-level physical education teaching methods and program and curriculum design. This revision retains the strong theoretical background and focus on extensive…