Profesi guru di. Indonesia sudah mengalami perubahan besar. Mulai dari hadirnya peraturan perundangan khusus mengenai pendidikan dan sertifikasi profesi, sampai pada peningkatan kesejahteraan. Meialui kebijakan itu, diharapkan akan meningkatkan kualitas profesionalisme guru dan juga pelayanan pendidikan di Indonesia, yang pada ujungnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. …
Pengalaman empirik menunjukkan bahwa banyak sarjana umum menyatakan dirinya mampu dan layakmenjadi guru meskipun bukan seorang sarjana pendidikan. Mereka berdalih bahwa banyak juga sarjana pendidikan justru tidak pandai atau tidak mampu menjadi guru. Pandangan seperti ini bagi mereka yang bukan sarjana pendidikan tentu wajar saja, tetapi bagaimana dengan para sarjana pendidikan. Khusus bagi sar…
Pembangunan pendidikan di indonesia menurut peningkatan profesionalisme guru sebagai salah sat pelau utamadalam proses belajar-mengajar. Untuk itu, guru disyaratkan memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan bidang keahlian dan tingkat suatu pendidikan tempatnya mengajar. Di antara sekian banyak kegiatan yang di anjurkan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran yang d…
Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa guru memiliki peranan penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dalam konteks yang lebih khusus berarti guru harus memiliki kompetensi yang hebat, wawasan yang luas, menguasai ilmu yang akan diajarkan sekaligus memiliki keterampilan untuk mengajar. Hal tersebut dapat dicapai jika guru terus-menerus meningkatkan kualitas dirinya. Namun, m…