Secara sederhana, oleh kebanyakan orang, pemimpin itu dipahami adalah orang yang sedang menduduki jabatan tinggi dalam organisasi. Baik organisasi bisnis (seperti presiden direktur, direktur utama perusa-haan, dewan direktur), organisasi pemerintah (seperti bupati, walikota, gubernur, menteri, bahkan presiden), maupun organisasi lainnya (seperti pimpinan organisasi kemasyarakatan, partai politi…
Dari laporan UNESCO tahun 2012 (Education for All Global Report), Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 120 negara. Ini mengindikasikan bahwa mutu pendidikan nasional kita masih belum beranjak jauh dari sebelumnya. Rasio tenaga kerja dan lapangan pekerjaan, pekerja dan pengangguran, dan angka kejahatan dari tahun ke tahun juga merupakan indikasi lain betapa belum optimalnya sistem pendidikan…
Manajemen strategik yang diterapkan dalam manajemen sekolah menjadi kunci efektifnya pelaksanaan program dan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan dan adanya peningkatan mutu secara terus menerus. Salah satu upaya yang hangat kini ditempuh para pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan mutu menejemen pendidikan khususnya di sekolah adalah penerapan menejemen berbasis sekolah menuju pada …
Kegagalan pendidik dalam menyampaikan maten ajar selalu bukan karena ia kurang menguasai bahan, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan juga mengasyikkan, maka pendidik perlu memitiki pengetahuan tentang pendekatan dan teknik-teknik pembelajaran dengan memaha…
Keinginan kuat melakukan perubahan dalam manajemen pendidikan dari sentralistik ke desentralisasi dimaksudkan agar potensi daerah dapat dioptimalkan. Dalam kesempatan ini kajian mendalam berbagai problematika manajemen pendidikan adalah sebagai ``alasan`` kuat bagi penulis iintuk melakukan kajian yang lebih mendalam tentang ``Organisasi Pendidikan yang Dinamis dalam Memberdayakan Satuan Pendidi…
Pengalaman empirik menunjukkan bahwa banyak sarjana umum menyatakan dirinya mampu dan layakmenjadi guru meskipun bukan seorang sarjana pendidikan. Mereka berdalih bahwa banyak juga sarjana pendidikan justru tidak pandai atau tidak mampu menjadi guru. Pandangan seperti ini bagi mereka yang bukan sarjana pendidikan tentu wajar saja, tetapi bagaimana dengan para sarjana pendidikan. Khusus bagi sar…
Sekolah harus melakukan beberapa pergeseran paradigma dalam pembelajaran yaitu perubahan-perubahan dalam kerangka berfikir para pengelolanya yang lebih profesional. Para siswanya, harus diberikan pemahaman atau pengertian bahwa mereka sesungguhnya memiliki potensi dan kemampuan untuk belajar dan berhasil jika diurus secara profesional oleh orang-orang yang profesional. Kondisi objektif yang…