PESAN DARI PENGARANG Penelitian dalam pendidikan matematika telah menemukan dengna konsisten bahwa pemahaman dan keterampilan paling baik dikembangkan ketika siswa dimungkinkan untuk bergulat dengan ide-ide baru, membuat dan mengargumentasikan penyelesaian soal yang mereka buat dan untuk berpartisipasi dalam komunitas pelajar matematika. Pendekatan student-centered dan problem-based pada pem…
Mengajar menuntut seseorang melakukan serangkaian proses dan kegiatan. Proses tersebut dimulai dari perencanaan pembelajaran, penguasaan delapan keterampilan mengajar, pemilihan model dan metode belajar sampai dengan evaluasi pembelajaran. Dari berbagai tahapan ini, menuntut seseorang yang akan mengajar menguasai konsep, metodologi, dan teori pengajaran sehingga pembelajaran yang tercipta berla…
Buku ini telah mengadaptasi model-model pembelajaran yang baru. Berbagai upaya untuk memperbaiki hasil pendidikan secara keseluruhan dengan membawa sekolah-sekolah yang kurang efektif ke tingkat yang lebih efektif dilakukan melalui pedoman tentang manajçmen sekolah yang efektif, memperbaiki evaluasi guru, dan perkembangan profesionalnya. Buku ini menyuguhkan ikhtisar yang terkait dengan meng…
Buku ini merupakan revisi dari buku cetakan pertama dengan judul yang sma, disusun untuk membantu para peminat pendidikan, teoritisi maupun praktisi di bidang pengajaran, baik bagi para mahasiswa FKIP, IKIP, Fakultas Tarbiyah, serta guru dan calon guru yang menghendaki untuk mengabdi dalam dunia kependidikan dan kepengajaran.
pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan prilaku seseornag atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dengan menitiberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepandaian. dalam upaya pengajaran, perumusan tujuan menjadi utama dan proses pengajaran senang tiasa diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. pendekatan sistem merupakan perangkat alat atau teknik yang bentuk k…
Sebagai ujung tombak pendidikan, seorang pendidik harus memiliki kemampuan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dari kacamata tersebut maka buku ini menyajikan konsep, prinsip kaidah, dan teori belajar secara komprehensif dan sistematis dengan harpan memberikan wawasan dan landasan kepada para pendidik agar dapat mewujudkan proses p…
-
otak manusia memiliki jaringan informasi yang menjadikan mereka sebagai pembelajar yang alami dan penuh rasa ingin tahu. dunia matematika disekitar mereka dapat menjadi kelas yang penuh dengan wujud, ruang, jumlah, dan pengalaman yang dapat mereka temukan dan jelajahi. semua faktor tersebut mampu memberikan pemahaman pada siswa. guru dapat memanfaatkan rasa ingin tahu yang alami ini untuk meman…
-
Buku ini memberikan inspirasi dan ide cara mengajar sains yang kreatif, menyenangkan, dan menarik bagi guru karena berfokus pada cara aktif untuk membantu meningkatkan keterampilan berpikir dan belajar sains pada siswa usia 5 hingga 14 tahun. Berdasarkan penelitian terkini mengenai pembelajaran berbasis otak, penulis memberikan nasihat praktis mengenai topik berikut ini: - Cara memotivasi s…
Guru sebagai pekerja profesional harus memiliki sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Buku kecil ini berisi prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - yang merupakan salah satu teknik peningkatan mutu pembelajaran lewat perbaikan berkesinambungan proses pembelajran mulai perancangan sampai pelaksanaannya. Tiap bab berisi paparan komprehensif landasan te…
Inilah buku yang dengan lugas dan argumentatif menjelaskan tentang guru yang sukses dan berpengaruh, yang dengan demikian berhak mendapatkan shalawat Allah dan segenap makhluk-Nya. Maka, bila anda ingin menemukan jati diri guru yang hakiki, bacalah buku ini! Bila anda ingin menjadi guru yang benar-benar mampu mengubah jalan hidup murid-murid anda dengan taufik Allah maka bacalah buku ini!…
Tidak lama setelah hiroshima dan nagasaki hancur dibom atom oleh Amerika Serikat pada tahun 1942, pertanyaan pertama yang mengusik kegundahan kaisar hirohito (kaisar jepang waktu itu) adalah berapa banyak guru yang selamat dari pemboman tersebut. Peristiwa ini pada dasarnya membawa pesan universal: betapa pentingnya guru bagi suatu bangsa, sehingga ketika berada dalam keadaan katastropis, perha…