pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan prilaku seseornag atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dengan menitiberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepandaian. dalam upaya pengajaran, perumusan tujuan menjadi utama dan proses pengajaran senang tiasa diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. pendekatan sistem merupakan perangkat alat atau teknik yang bentuk k…
Di Indonesia telah terjadi beberapa kali perubahan dan pengembangan kurikulum. Sementara itu, mutu pendidikan bergantung pada mutu guru dan pemahamannya tentang seluk-beluk kurikulum. Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas. Guru atau calon guru akan mendapatkan pengetahuan praktis langkah-langkah untuk menerjemahk…
Kajian bidang studi proses belajar mengajar merupakan bidang yang sangat penting dalam konteks pengajaran. Untuk itu, dalam rangka menyiapkan diri menjadi tenaga kependidikan yang profesional maka perlu menguasai bidang proses belajar mengajar. Dalam buku ini diuraikan empat dimensi yang cukup mendasar tentang proses belajar mengajar, yaitu Konsep Pengajaran dan Kurikulum, Komponen-Komponen …
Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu dapatlah dikatakan kurikulum termasuk kajian strategis.
Sejatinya, kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pemblajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan suatu bangsa. Dengan sendirinya, kurikulum memegang peran strategis dalam kemajuan bangsa tersebut. Jurikulum tidak seharusnya bersifat statis. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan…