-
Buku "Supervisi Pendidikan" sebagai salah satu reference kajian dan pemahaman khususnya tentang supervisi pendidikan bagi mahasiswa S2 maupun S3 pada Program Studi Manajemen Pendidikan. Penulisan buku ini sudah cukup lama dipersiapkan selama ^atakuliah ini diampu oleh penulis. Materi buku ini diambil dari buku yang : susun oleh pakar Administrasi dan supervisi pendidikan baik penulis dalam maup…
Banyaknya kritik pada bidang layanan kepengawasan menggambarkan bahwa supervisi pendidikan dianggap belum mampu memberikan dampak positif terhadap mutu dan proses pendidikan. Salah satu penyebab permasalahan ini muncul adalah terkait dengan profesionalisme pengawas. Kedudukan pengawas sebagai "guru" bagi para guru dan kepala sekolah/madrasah, telah menempatkannya menjadi salah satu faktor penen…
Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki posisi tertentu dalam hirarki organisasi. la hams membuat perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan serta keputusan efektif. Pemimpin selalu melibatkan orang lain. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dimana ada pemimpin di sana ada pengikut yang hams dapat mempengaruhibawahannya untuk mencapaitujuan. Sedangkan kepemimpinan merupakan inti manaj…
Sekolah merupakan Lembaga Pendidikan Formal yang sangat diandalkan oleh setiap bangsa sebagai pengembang dan peningkat mutu manusia untuk melanjutkan hidup dan kehidupan, yang tentunya, ingin dan untuk lebih baik, lebih sejahtera, lebih beradab. Ini tentu menuntut sekolah untuk memperbarui dirinya terus-menerus seiringtuntutan penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermutu, serta tantangan perub…
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah khususnya melalui Kemendikbud terus menerus berupaya melakukan berbagai perubahan dan pembaharuan sistem pendidikan kita. Salah satu upaya yang sudah dan sedang dilakukan, yaitu berkaitan dengan faktor guru. Lahirnya Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasi…
Guru harus profesional, memiliki kemampuan dan keahlian untuk melaksanakan kewajiban dan tugas-tugasnya secara efektif. Supervisi Pendidikan memberikan bantuan dan layanan kepada guru untuk meningkatkan keguruannya dan keprofesionalannya. Supervisi Pendidikan membantu guru untuk memiliki arah diri dan dapat memecahkan sendiri persoalan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), karena Supervisi Pendid…
Konsep tentang supervisi yang berlaku sampai saat ini sebetulnya sudah tidak memadai lagi karena sudah tertinggal dari negara-negara lain. Praktik supervisi di sekolah sudah tidak sesuai lagi dengan tujuan pembinaan lewat supervisi, tetapi masih saja dipertahankan. Sebagai alasan mengapa masih tetap berlaku adalah karena belum ada orang yang mendobrak dengan mengemukakan ide baru. Buku ini d…
Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang turut membantu anak didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sebagai lembaga pendidikan prasekolah, taman kanak-kanak dapat diibaratkan suatu jembatan pengembangan diri untuk melangkah ke pendidikan formal. Taman kanak-kanak turut membantu dalam perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, serta untuk pertumbu…
Pengalaman empirik menunjukkan bahwa banyak sarjana umum menyatakan dirinya mampu dan layakmenjadi guru meskipun bukan seorang sarjana pendidikan. Mereka berdalih bahwa banyak juga sarjana pendidikan justru tidak pandai atau tidak mampu menjadi guru. Pandangan seperti ini bagi mereka yang bukan sarjana pendidikan tentu wajar saja, tetapi bagaimana dengan para sarjana pendidikan. Khusus bagi sar…
Ilmu dan teknologi pendidikan selalu berkembang, sementara supervisi pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Dunia pendidikan tidak terlepas dari supervisi. Tanpa supervisi para guru akan tertinggal. Buku ini berusaha mencari jalan keluar untuk mengurangi masalah tersebut, dan berupaya mendekatkan konsep supervisi pendidikan dengan sistem desentralisasi. Dalam buku ini diuraikan peng…