The seventh edition of Models of Teaching is written to be the core of the theory/practice aspect of the K-12 teacher education program. It covers the rationale and research on the major models of teaching and applies the models by using scenarios and examples of instructional materials. Because it deals with the major psychological and philosophical approaches to teaching and schooling, Models…
Dalam buku ini, penulis menyajikan sepuluh pokok bahasan mulai dari Bab I media pembel- ajaran: pengertian, karakteristik, dan urgensinya, teknologi pembelajaran: pengertian, sejarah, dan perbedaan istilah, perspektif belajar, dan strategi pembelajaran, model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran, belajar melalui bahan cetak, belajar melalui bahan visual, integrase ICT dalam pembe…
Buku ini berjudul Kreatif mengembangkan media pembelajaran dimaksudkan tidak lain untuk berbagi pengalaman sekaligus mengajak guru, dosen, dan para pendidik lainnya agar tidak henti-hentinya berupaya meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan mengembangkan media pembelajaran, baik media yang berbasis teknologi dan komputer, dan diimplementasikan dalam kegiatan instruksional sesuai tugas masing-m…
Buku ini diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan Ilmu Matematika kepada anak didik sendini mungkin, agar prinsip-prinsip dasarnya dapat tertanam lebih awal. Sementara di sisi lain, dengan terbitnya buku ini, berarti menambah kekayaan Ilmu Pengetahuan Matematika yang selam ini telah menjadi satu bidang studi yang cukup banyak digandrungi para ilmuwa. Buku Metode Mengajar Mat…
Setelah membaca dan mempelajari buku ini diharapkan Anda dapat mengetahui dan memahami latar belakang metode mengajar, dasar-dasar pemilihan dan penggunaan berbagai metode mengajar, model-model dan pengajaran konsep dan generalisasi dalam pembelajaran IPS. Pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan metode mengajar IPS dimaksudkan untuk memberi latar belakang tertentu kepada para pembaca …
Menguasai asas-asas didaktik (pengajaran) belum menjamin seseorang menjadi guru yang baik. Keberhasilan mengajar juga dipengaruhi kemampuan dan pribadi guru sendiri,suasana kelas, hubungan antarmanusia di sekolah, kurikulum, dan sebagainya. Akan tetapi, seseorang tidak akan menjadi guru yang baik ketika mengabaikan asas-asas didaktik. Buku ini mengarahkan guru atau calon guru mendidik seca…
Banyak siswa yang memiiiki keterampilan untuk mengakses informasi. Namun, meskipun mereka menyerap informasi sebagai hiburan, mereka belum memiiiki keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang dalam era informasi. Pendekatan kritis mereka terhadap informasi sangat kurang. Strategi-strategi apa yang bisa mereka kembangkan untuk menyaring semua informasi yang masuk; untuk membedakan antara infor…
Buku ini diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan Ilmu Matematika kepada anak didik sedini mungkin, agar prinsip-prinsip dasarnya dapat tertanam lebih awal. Sementara di sisi lain, dengan terbitnya buku ini, berarti menambah kekayaan Ilmu Pengetahuan Matematika yang selama ini telah menjadi salah satu bidang studi yang cukup banyak digandrungi para ilmuwan. Buku Metode Menga…
Tujuan utama pembelajaran multimedia tidak lain mempersiapkan siswa terampil bekerja, melek teknologi, mandiri dan multi talenta. teknologi terbukti mampu memaksimalkan prestasi pembelajaran siswa. fokus pembelajaran menjadi semakin tajam dan luas. praktisi pendidikan juga sanghat terbantu dalam memaksimalkan materi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran (instructional technology) tumbuh kembang dari praktik . dan gerakan komunikasi audiovisual. Pada mulanya teknologi ini dilihat sebagai suatu teknologi pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media, dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau pengajaran dengan alat bantu (media) audiovisual. Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik dalam de…
Kesuksesan proses pembelajaran tergantung bagaimana praktik kurikulum dijalankan selaras dengan konstruksi pembelajaran. Konstruksi pembelajaran selama ini hanya menimbulkan kegagalan dan kekacauan yang berdampak pada kesulitan proses belajar-mengajar di kelas. Akibatnya, siswa sebagai subyek pembelajaran tidak bisa berkembang secara maksimal. Bagaimana solusi atas problematika ini? Buku Ko…
-