Text
Customer services excellent : teori dan praktik
Pelayanan nasabah/cusfomer merupakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam menjual produknya. Banyak tidaknya jumlah nasabah serta volume pembelian nasabah sangat besar pengaruhnya dari cara kita melayani nasabah/customertersebut.
Dari kondisi tersebut, timbul pertanyaan perusahaan mana saja yang perlu memberikan pelayanan, siapa saja yang harus memberikan pelayanan dan bagaimana caranya melakukan pelayanan yang baik serta bagaimana etika pelayanan yang harus diberikan. Secara garis besar, yang perlu memberikan pelayanan adalah seluruh perusahaan, terut%ma perusahaan yang langsung berhubungan dengan nasabahnya seperti perbankan, asuransi, leasing, perhotelan, pariwisata, supermarket, restoran, pasar swalayan, rumah sakit, lembaga pendidikan serta usaha jasa lainnya. Kemudian yang memberikan pelayanan adalah seluruh karyawan yang terlibat dalam perusahaan, namun secara khusus adalah karyawan yang berhubungan langsung dengan nasabah seperti customer service, kash/teller, hubungan masyarakat (humas) atau Public Relation (PR), pramuniaga, satuan pengamanan (satpam) dan cleaning service. Secara detailnya akan dikupas di buku ini.
Isi buku ini merupakan gabungan beberapa teori serta berbagai pengalaman penulis sebagai suatu praktik di lapangan sehingga buku ini dapat memberikan informasi terutama kepada para mahasiswa, pengusaha, karyawan perusahaan seperti customer service, kasir/fe//er, public relation, pramuniaga, satpam, dan cleaning service dan Iain-Iain dalam melayani nasabah/cwstomer sehingga dapat memberikan kepuasan yang maksimal.
Tidak tersedia versi lain