perpustakaan@ummetro.ac.id
Pilih Bahasa :
Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Warta Perpustakaan
  • Layanan
    Referensi Bebas Pustaka Literasi Informasi Usul Koleksi
  • e-Resources
    e-Journal eBooks Jurnal Prodi
  • FAQ
  • Tools
    Reference Manager
  • Area Anggota

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kompetensi pedagogik : untuk peningkatan dan penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional
Penanda Bagikan

Text

Kompetensi pedagogik : untuk peningkatan dan penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional

Irwantoro, Nur - Nama Orang; Suryana, Yusuf - Nama Orang;

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 10 ayat (1) bahwa guru wajib memliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Bahkan menurut pasal 20 poin (b), guru wajib meningkatkan dan mengembangkan keempat kompetensi tersebut secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Kewajiban mewujudkan ketentuan tersebut bagi guru juga sudah menjadi bagian dari tuntutan sistem Penilaian Kinerja (PK) guru yang mengacu pada Permendiknas Rl No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, yang diberlakukan sejak tanggal 1 januari 2013.

Sehubungan dengan tuntutan di atas, maka kehadiran buku Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru ini sangatlah penting sebagai salah satu sarana sumber belajar bagi guru, juga kepala sekolah dan pengawas dalam rangka mewujudkan kinerja guru yang efektif dan optimal, khususnya dalam domain pedagogik. Kinerja guru, khususnya guru kelas dan guru mata pelajaran, dalam domain pedagogik itu yakni (1) menguasai karakteristik peserta didik, (2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, (3) pengembangan kurikulum, (4) kegiatan pembelajaran yang mendidik, (5) pengembangan potensi peserta didik, (6) komunikasi dengan peserta didik, (7) penilaian dan evaluasi. Ketujuh kinerja pedagogik ini akan dapat diwujudkan oleh guru secara efektif dan optimal apabila guru memiliki tujuh kompetensi pedagogik sebagaimana diuraikan dalam buku ini


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 370 Irw k c.1
29282
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Irw k c.2
29283
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 370 Irw k c.3
29284
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 Irw k
Penerbit
Surabaya : Genta Group., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 554 hal. : il. ; 26 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786026991768
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Kompetensi Pedagogik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

NPP 1872042D2000003

Jalan KH. Dewantara No.116 Iring Mulyo Kota Metro, Lampung 16416

Link Terkait
  • UMM Metro
  • Repository Dosen
  • Koleksi eBook Digital
  • Garuda Kemdikbud
Jam Operasional Layanan

Offline

Senin-Kamis 07.30 - 15.30 WIB
Jumat 07.30 - 11.30 WIB

Sabtu, Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional Tutup

Kontak


© 2025 — Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?