Text
Nalar pendidikan anak
Kisah adalah cara yang efektif untuk menyampaikan unsur pendidikan kepada setiap pendengar atau pembacanya. Melalui kisah, unsur pendidikan bisa disampaikan dengan cara yang menyenangkan, sehingga setiap nilai yang terkandung di dalamnya bisa diserap dengan baik dan kemudian membekas dalam pikiran dan ingatan pendengar atau pembacanya. Karena itulah kemudian buku ini hadir untuk mengejawantahkan setiap unsur pendidikan yang ada dalam kisah-kisah dalam Al-Quran ke dalam kehidupan manusia, khususnya tentang pendidikan yang tecermin dari relasi orangtua-anak yang selalu dinamis.
Menurut buku ini, konstruksi epistemologi pendidikan anak dalam Al-Quran digolongkan dalam dua tipe, yaitu: intuitif-normatif dan intuitif-dialogis dengan turunan yang bisa dihasilkan adalah dialogis-rasional, dialogis-demokratis, dialogis-psikis, dan dialogis-ideologis. Pengetahuan pendidikan diperoleh para pendidik dari sumber pertama, yaitu Allah, melalui jalan intuisi/wahyu. Jadi, tentu saja sangat menarik untuk membaca dan menelaah apa yang disampaikan oleh buku ini. Sebagai bagian dari pengayaan literaturdan khazanah pendidikan Islam, tentu saja ini buku ini sangat penting arti dan posisinya, paling tidak hal itu bisa memberikan sesuatu yang sangat substansial dan esensial bagi perjalanan pendidikan Islam baik dalam lingkup kecil (keluarga) maupun besar (pendidikan formal dan non-formal atau masyarakat).
Tidak tersedia versi lain