Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang memberikan pelayanan kepada anak yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Pelayanan yang diberikan kepada anak berupa: perawatan, pengasuhan, pendidikan, dan pembinaan harus sesuai dengan teori dan praktik pembelajaran bagi anak usia dini. Anak usia dini memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui rangsangan. Potensi-potens…
Buku ini berbicara tentang pentingnya untuk mendekati perkembangan anak usia dini secara komprehensif dalam multiperspektif yaitu dari perspektif agama, sosial budaya, psikologi, Kesehatan dan gizi, hukum, perspektif anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan PAUD yang holistik integratif. Anak-anak diberikan Pendidikan yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan anak di setiap fase perkembangan…
Buku ini secara sederhana menjelaskan tentang definisi-definisi belajar dan proses penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif terutama kepada Anak Usia Dini. Dilengkapi dengan beberapa data hasil penelitian tim penulis di lembaga pendidikan Anak Usia Dini.
Setiap orang dewasa memerlukan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, dan sejenisnya untuk terus meningkatkan kemampuannya. Berbeda dengan anak usia dini yang meningkatkan kemampuannya dengan cara bermain dan berkreativitas. Oleh karena itu, kreativitas anak usia dini harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Akan tetapi, sebagian besar orangtua masih ada yang menganggap bahwa kemampuan ko…
Pelaksanaan kurikulum PAUD di Indonesia perlu menjadi perhatian bagi semua stakeholders pendidikan, termasuk pendidik, orang tua, komite sekolah, terlebih lagi pemerintah. Adanya sinergi antara anggota pelaku pendidikan membuat kurikulum yang dijalankan di Indonesia akan berlangsung secara optimal. Anak-anak pada usia 0-6 tahun dapat belajar tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Daya serap…
Buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak. Buku ini mengetengahkan mengenai tahap awal berpendidikan, mulai dari memilih pasangan suami maupun istri karena berkaitan dengan perkembangan anak, pola asuh, dan perlindungan hak hak anak dalam pembentukan karakter di dalam keluarga, disert…
Buku ini memberikan pengenalan yang singkat dan mudah dipahami terhadap bidang pendidikan anak usia dini. Dengan menghadirkan desain yang menarik dan baru, buku ini menyajikan fi tur bab mengenai program pendidikan anak usia dini, yaitu praktik profesionalisme, strategi keberagaman, isu teknologi, dan pembuatan keputusan etika. Bab yang terpisah mengenai bayi dan batita, anak prasekolah, anak T…
Buku ini membekali guru dengan bimbingan yang berkaitan dengan hal-hal dasar, mulai dari perencanaan pelajaran dan penyusunan jadwal harian hingga penataan furnitur dan pengaturan aktivitas kelas. Buku ini juga memberikan saran untuk meningkatkan pembelajaran melalui pemberian contoh, interaksi yang bermakna, dan percakapan
Usia dini adalah fase fundamental bagi perkembangan individu yang disebut juga sebagai golden age atau usia emas. Pengalaman-pengalaman yang dijalani anak mungkin akan membentuk pengalaman yang akan dibawa seumur hidupnya. Implikasinya pada bidang pendidikan anak usia dini diperlukan langkah yang tepat (signifikan dan strategis) untuk membekali anak sejak usia tersebut. Upaya yang diambil akan …
Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya. Semua yang diterimanya pada periode tersebut menjadi pondasi dan kerangka utama tumbuh kembangnya di masa mendatang, baik fisik maupun psikologi. Namun periode tersebut juga merupakan periode yang rumit untuk dipelajari, karena k…