PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pembelajaran konstruktivistik-scientivic untuk pendidikan agama di sekolah/madrasah : teori, aplikasi dan riset terkait
Penanda Bagikan

Text

Pembelajaran konstruktivistik-scientivic untuk pendidikan agama di sekolah/madrasah : teori, aplikasi dan riset terkait

Prastowo, Andi - Nama Orang;

Fenomena semakin maraknya tindak korupsi, asusila, pelecehan seksual, kekerasan, dan penipuan, yang meresahkan di tengah-tengah masyarakat kita menjadi situasi yang sangat bertolak belakang dengan citra bangsa Indonesia yang dikenal masyarakat dunia sebagai bangsa yang religius. Sikap dan perilaku seperti ini sangat jauh dari nilai-nilai religiusitas. Karena sebagaimana diketahui, tidak ada satu agama pun yang membenarkan tindakan amoral, asusila, dan tindak kejahatan dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi bagi Islam, agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat di Indonesia ini justru menekankan pentingnya akhlak yang mulia dalam kehidupan dan melarang berbuat dosa, asusila, amoral, penganiayaan, penipuan, dan kejahatan.

Kondisi seperti itu membuat masyarakat bertanya-tanya, "Problem besarapayang membuat pembelajaran.agama Islam di sekolah dan madrasah selama ini tidak efektif?" Menurut hasil penelitian ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya yaitu paradigma pembelajaran guru agama Islam di sekolah maupun di madrasah kita masih didominasi dengan paradigma lama yang cenderung behavioristik, teacher centered, siswa pasif, hanya menekankan aspek kognitif, mekanistik, dan penilaian yang artifisial. Padahal menurut Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. (2009), misi Pendidikan Agama Islam adalah pembinaan sikap dan amaliah keberagamaan. Di mana dalam upaya penanaman nilai-nilai keagamaan ini yang dibutuhkan adalah paradigma pembelajaran konstruktivistik-scientific yang menekankan experencial and authentic learning, pembelajaran berbasis riset dan kerja kognitif level tinggi,'pembelajaran multisensori, dan authentic assessment. Selaras dengan hal tersebut, kurikulum baru, Kurikulum 2013, untuk sekolah/madrasah di negeri ini juga menekankan pendekatan scientific untuk proses pendidikan pada semua jenjang dan semua mata pelajaran.

Karena itu buku ini hadir untuk menguraikan konsep dan implementasi paradigma konstruktivistik-sc/ent//7c dalam aplikasinya untuk pembelajaran agama Islam di sekolah dan madrasah. Adapun topik-topik yang dibahas dalam buku ini meliputi: Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik, Pembelajaran Behavioristik, Konsep Dasar Pembelajaran Agama di SD/MI, Pembelajaran Konstruktivistik-Saintifik untuk Akidah-Akhlak, Al-Qur'an-Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik agama Islam (guru, instruktur, widwaiswara, ustad, dan dosen), serta bagi para mahasiswa kependidikan SI, S2, dan S3 yang sedang belajar dan mendalami bidang kajian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.3 Pra p c.1
25244.1.8545
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra p c.2
25245.2.8545
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra p c.3
25246.3.8545
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra p c.4
25247.4.8545
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra p c.5
25248.5.8545
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 Pra p
Penerbit
Jakarta : Rajawali Pers., 2014
Deskripsi Fisik
xx, 442 hal. : il. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797697587
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I, cet. 1
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Metode Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?