Text
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik terpadu : implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI
Persiapan dan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 terutama di SD/MI hingga kini masih sangat memprihatinkan. Faktanya, terutama para guru SD/MI masih banyak mengalami kesulitan dalam melaksa-nakan—implementasi—kurikulum baru tersebut. Salah satu faktor kesulitan terbesarnya, yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) TematikTerpadu.
Persoalan yang sama juga dihadapi di kalangan dosen/pengajar dan mahasiswa semester akhir di LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Prodi PGSD/PGMI, baik di Perguruan Tinggi Umum (eks-IKIP) maupun di Perguruan Tinggi Agama Islam (eks-IAIN). Para mahasiswa mengeluhkan sulitnya menyusun RPP Tematik Terpadu, terutama ketika pelaksanaan mata kuliah M/croteach/ngataupun Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I danll.
Berdasarkan pertimbangan teknis-akademis tersebut, penulis buku ini dengan pengalaman pelatihan (training), studi referensi, dan berdasarkan kebijakan terbaru mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk SD/MI, menyusun buku pegangan penting ini untuk merespons kekosongan referensi tentang implementasi Kurikulum 2013,khususnya penyusunan RPPTematikTerpadu.
Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik Terpadu—sebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI—ini membahas, antara lain:
(1) Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran;
(2) Menulis identitas rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP); (3) Kompetensi inti; (4) Kompetensi dasar; (5)
Mengembangkan indikator; (6) Menyusun tujuan
pembelajaran; (7) Menyusun materi pembelajaran; (8)
Menentukan pendekatan, model, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran; (9) Pemilihan media pembelajaran, alat
dan sumber belajar, dan alat peraga; (10) Menyusun langkah-
langkah pembelajaran dalam RPP Tematik Terpadu; (11)
Merancang penilaian autentik; serta (12) Pengesahan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Tidak tersedia versi lain