Text
Penilaian hasil proses belajar mengajar
Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu behar-benar ob-jektif dan representatif, artinya menggambarkan hasil yang diperolehnya setelah mengalami proses belajar? Apakah proses belajar-mengajar su-dah cukup efisien dan produktif? Jika belum, apa saja yang masih me-merlukan perbaikan dan penyempurnaan?
Semua pertanyaan itu dan tentunya masih banyak pertanyaan lain-nya yang lebih spesifik hanya akan dapat terjawab jika dilaksanakan sistem penilaian yang tepat. Memang, penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran belum lengkap jika tidak disertai penilaian, baik tentang hasil yang dicapai setelah proses belajar-mengajar maupun tentang proses belajar-mengajamya itu sendiri.
Dr. Nana Sudjana, Kepala Pusat Penelitian Pengajaran dan Pembidang-an llmu Lembaga Penelitian IKIP Bandung serta dosen pada Fakultas llmu Pendidikan IKIP Bandung, dalam buku ini membahas tentang penilaian hasil dan proses belajar-mengajar. Pembahasannyadil
Tidak tersedia versi lain