Text
Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif
Dewasa ini, Quality Management (QM) sebagai suatu filosofi memang telah banyak kita kenal. Filosofi tersebut sering disebut dengan Total Qality Management (TQM). Konsep-konsep TQM telah banyak memenuhi deretan koleksi buku-buku pada organisasi atau perusahaan manufaktur dan jasa, konsep ini telah begitu akrab didengar, hanya saja dalam pelaksanaannya yang tidak semudah membalikkan telapak tangan , tetapi menghendaki adanya perubahan budaya. Hal itulah yang menyebabkan konsep tersebut relatif sulit dilaksanakan. Budaya dimana mutu produk atau jasa di atas segala-segalanya atau budaya untuk mendapat mewujudkan customer satisfaction sangat sulit dicapai. Kodisi ini memerlukan suatu tekad yang menyeluruh dari pimpinan puncak sampai dengan karyawan sebagai pelaksana. Tekad yang hanya menjadi buzzword juga tidak ada manfaatnya, hanya datang untuk memenuhi kewajiban kantor juga tidak mendukung tumbuh kembangnya filosofi TQM. Pelanggan yang datang hanya dilayani sesempatnya juga tidak akan mewujudkan filosofi TQM.
Tidak tersedia versi lain