Electronic Resource
Laporan tahunan penelitian hibah bersaing :Model pembelajaran eksperimen dipadu dengan analogi untuk mengembangkan kemampuan metakognisi mahasiswa pendidikan fisika
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa pada setiap perkuliahan konsep fisika, selalu ditemukan penggunaan analogi dalam menjelaskan konsep-konsep fisika. Pada mata kuliah keahlian fisika yang memilki tingkat kesukaran tinggi, seperti fisika kuantum, listrik magnet dan termodinamika, kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan.
Kesulitan ini didasarkan pada unsur kajian matematis, kompleksitas mata kuliah dan konsep
yang abstrak. Kegiatan eksperimen dilaksanakan secara terpisah dari perkuliahan, kegiatan eksperimen juga hanya mempu menunjukkan adanya gejala, namun tidak dapat membantu para mahasiswa dalam memahami makna fisis dari fenomena fisika yang sebenarnya. Karena itu perlu dirancang suatu model perkuliahan yang dapat memadukan antara eksperimen dengan analogi, guna memperbaiki kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dan kemampuan metakognisi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain