Pada era globalisasi dan teknologi saat ini, tantangan dalam dunia pendidikan semakin kompleks. Pembelajaran IPA seringkali dianggap sulit karena sifatnya yang abstrak dan teoritis. Namun, dengan mengoptimalkan kebudayaan lokal sebagai sumber belajar, siswa dapat memahami konsep-konsep ilmiah melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Integrasi budaya lokal ini tid…
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa pada setiap perkuliahan konsep fisika, selalu ditemukan penggunaan analogi dalam menjelaskan konsep-konsep fisika. Pada mata kuliah keahlian fisika yang memilki tingkat kesukaran tinggi, seperti fisika kuantum, listrik magnet dan termodinamika, kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan. Kesulitan ini didasarkan pada unsur kajian matematis, kom…
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru fisika menggunakan pemetaan analogi, karena itu dalam penelitian ini akan mengungkap apakah ada pengaruh penggunaan analogi dalam perkuliahan terhadap keterampilan berpikir kreatif, mencari hubungan antara kemampuan beranalogi dengan keterampilan berpikir kreatif, serta hubungan antara keterampilan ber…