PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Laporan hasil penelitian fundamental :pemetaan analogi konsep abstrak fisika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru fisika
Penanda Bagikan

Electronic Resource

Laporan hasil penelitian fundamental :pemetaan analogi konsep abstrak fisika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru fisika

Suseno, Nyoto - Nama Orang; Harjati, Purwiro - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru fisika menggunakan pemetaan analogi, karena itu dalam penelitian ini akan mengungkap apakah ada pengaruh penggunaan analogi dalam perkuliahan terhadap keterampilan berpikir kreatif, mencari hubungan antara kemampuan beranalogi dengan keterampilan berpikir kreatif, serta hubungan antara keterampilan berpikir kreatif dengan kreativitas mahasiswa calon guru fisika dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di LPTK program studi pendidikan fisika pada matakuliah bidang keahlian fisika dan pada pelaksanaan
PPL Sekolah di Propinsi Lampung.
Pengambilan data dilakukan melalui metode dokumentasi, observasi dan test. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data kualitatif dilakukan melalui tabulasi, klasifikasi, reduksi data, interpretasi dan deskripsi, serta penyimpulan, untuk mengungkap peran pemetaan analogi konsep abstrak fisika dalam pengembangan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru. Data kuantitatif diolah menggunakan dua analisis statistik, yaitu uji perbandingan untuk mengetahui pengaruh penggunaan analogi terhadap keterampilan berpikir kreatif, serta statistik regresi untuk mengetahui hubungan kemampuan beranalogi dengan keterampilan berpikir kreatif, dan hubungan keterampilan berpikir kreatif dengan kreativitas mahasiswa calon guru fisika.
Hasil Penelitian ini menemukan bahwa: penggunaan analogi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan beranalogi dengan keterampilan berpikir kreatif, dengan kontribusi 72%. Hubungan keterampilan berpikir kreatif dengan kreativitas guru dalam pembelajaran tidak signifikan, karena itu untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa calon guru fisika tidak dapat dilakukan hanya melalui keterampilan pada aspek berpikir, tetapi kreatifitas harus dibangun secara holistik yang melibatkan semua aspek, baik kognitif, afektif maupun psikomotor.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
Laporan Hasil Penelitian Fundamental
No. Panggil
530.072 Sus l
Penerbit
Metro : Universtas Muhammadiyah Metro., 2014
Deskripsi Fisik
ix, 29 hlm. : 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530.072
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Laporan Penelitian Fisika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nyoto Suseno
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Laporan Hasil Penelitian Fundamental
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?