PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis pembelajaran tematik terpadu
Penanda Bagikan

Text

Analisis pembelajaran tematik terpadu

Prastowo, Andi - Nama Orang;

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan kecakapan di abad ke-21 dan utamanya di era Revolusi Industri 4.0 menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinhing skills), bukan hanya berpikir tingkat rendah (lower order thinhing skills). Keterampilan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinhing), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) menjadi satu keniscayaan dan kebutuhan utama dalam kehidupan generasi milenial maupun generasi Z. Untuk itu, transformasi budaya pembelajaran yang responsif, adaptif, dan kondusif untuk pengembangan keterampilan abad ke-21 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) di lingkungan lembaga pendidikan, utamanya sejak jenjang sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah menjadi hal yang sangat urgen dan mendesak. Apalagi jika mencermati hasil survei PISA dan TrMSS sejak keikutsertaan pertama kalinya tahun 1999, hingga yangterbaru tahun 2015, Indonesia belum mampu beranjak dari peringkat 10 besar terbawah dari seluruh negara yang disurvei. Ini frukti nyata masalah besar pendidikan dasar di Indonesia belum membekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) kepada peserta didik secara memadai, utamanya pada jenjang pendidikan dasar.

Model pembelajaran tematik terpadu menciptakan budaya pembelajaran berpikir tingkat tinggi (higher order thinhing skills), kontekstual, holistik, dan autentik. Dalam model pembelajaran ini, peserta didik dijadikan pusat pembelajaran (student centered). Peserta didik mendapatkan miieu yang autentik dan kontekstual sehingga rasa keingintahuan (curiosity) mereka tumbuh dari dalam dan alamiah, sejalan dengan cara otak mereka belajar. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif terasah secara optimal melalui berbagai problem riil atau autentik yang dihadirkan dalam pembelajaran. Terakhir, peserta didik mendapatkan pengetahuan dan kecakapan hidup (hardskill maupun softs/?///) yang holistik, bukan parsial.

Buku ini hadir sebagai sumber referensi sekaligus bahan analisis pelaksanaan pembela-jaran tematik terpadu di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/Ml) yang secara terstruktur sudah dilaksanakan lima tahun terakhir, dari 2013-sekarang. Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD/PGMI/Pendidikan Dasar/Pendidikan Dasar Islam. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa S-1, S-2, S-3, sekaligus dosen dan guru kelas SD/Ml, serta para praktisi dan pemerhati pendidikan MI/SD.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.3 Pra a c.1
30277
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra a c.2
30278
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra a c.3
30279
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra a c.4
30280
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.3 Pra a c.5
30281
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 Pra a
Penerbit
Jakarta : Kencana., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 328 hal. : il. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024227128
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Metode Belajar
Pembelajaran Tematik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?