Serangan dan aksi teror, sejak 9-11- 2001, atas obyek berbau Barat, merupakan ancaman kemanusiaan universal. Berbagai hasil studi, mengundang perdebatan, namun regenerasi gagasan radikal belum banyak dikaji. Bagaimana faktor eksternal (alienasi, diperlukan tidak adil, kesenjangan sosial), memicu berfungsinya faktor internal aj aran yang baku? Gaya hidup generasi muda Muslim tampil yang ident…
Banyak ulama menggolongkan pekerja keras di atas tergolong orang yang tidak mampu berpuasa. Sebagian berpendapat wajib membayar fidyah tanpa qadla (mengganti puasa), sebagian lain menganjurkan mengqadla. Buku ini mengajak pembaca untuk mengembangkan kesediaan belajar bersama, mencari dan menemukan yang lebih benar dan lebih baik, menemukan hikmah berharga yang tersembunyi dalam mempraktekkan…
Dengan puasa seseorang bisa memperoleh god spot (titik Tuhan) ditandai perubahan perilakunya secara radikal sebagai hasil dari pencerahan batin dan spiritual. Dalam Kitab Warno-Warni, seorang Raja Mataram menempatkan hartanya sebagai milik rakyat sehingga tidak perlu membayar zakat. Dengan penduduk Muslim sekitar 210 juta, dan wajib Fitrah (setara 2,5 kg beras) sekitar 160 juta, bisa terkump…
Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh`. Selama di atas bumi ada kekafiran, kebatilan, dan penyembahan kepada selain Allah, yang menghinakan kemuliaan manusia, maka jihad di jalan Allah itu terus berlaku, dan baiat di leher setiap mukmin itu menunt…
Syekh Siti Jenar (SSJ) melakukan kritik keras saat Walisongo yang secara gencar terus mendakwahkan ajaran Islam itu melibatkan diri pada kekuasaan politik. Dari sinilah mulai muncul perdebatan tentang gagasan SSJ bahwa ajaran syariah hanya berlaku dalam kehidupan sejati. Bagi orang yang taat syariah kehidupan duniawi ini bagaikan kematian sehingga tidak lagi memen-itingkan kekuasaan dunia lebih…
Siti Jenar adalah legenda yang tak pernah lekang. Ungkapan itu tidaklah berlebihan. Di Indonesia, khususnya Jawa - dalam khazanah dan percaturan pemikiran keagamaan klasik - sekalin Walisongo, barangkali tak ada nama sepopulis dan setenar dia. Meledaknya buku-buku Siti Jenar yang ditulis oleh para pakar intelektual, di antaranya Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, serta respon yang demikian besar…
Pengakuan Tuhan ... aku tidak layak memasuki syurga Firdaus Namun aku tak mampu menahan siksa Neraka Terimalah taubatku dan ampuni dosa-dosaku Sungguh Engkaulah Pengampun dosa Dosaku bagai butiran pasir Terimalah taubatku, wahai Yang Maha Agung Umurku berkurang tiap hari, dosa-dosaku terus bertambah Bagaimana aku menanggung? Tuhan ... hamba-Mu yg durhaka ini datang bersimpuh menghada…
Mencari mati syahid menjadi prinsip suci para pelaku bom bunuh diri. Mereka adalah penganut doktrin istisyhad yang memegang kuat keyakinan teologis dan historis yang mereka anggap sebagai jalan kebenaran. Keyakinan yang menampakkan wajah kekejaman, di mata mayoritas masyarakat yang hidup dalam kemajemukan peradaban dan agama. Namun sebaliknya, para penganut doktrin istisyhad ini merasa bahwa ak…
seabad lalu kemanusiaan merupakan salah satu prinsip pemikiran penting dari founding father Muhammadiyah kiai Ahmad Dahlan. Sayang, generasi penerus Muhammadiyah seperti telah melupakan etika welas asih yang universal dan konteksual dengan kondisimasyarakat Indonesia tersebut. Bahkan gagasan kemanusiaan dan kebangsaan Kiai Ahmad Dahlan pernah dikhianati oleh sebagian generasi penerus yang me…
Semakin hari kritik relevansi Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan pemikiran Islam terasa semakin gencar bersama dengan lahirnya pemikir Islam kontemporer dari generasi intelektual. Kritik tersebut terutama ditujukan pada fungsi sebuah majlis dalam Muhammadiyah yaitu Tarjih. Penempatan posisi tarjih sebagai representasi pemikiran itu sendiri baik oleh pengkritik ataupun yang berkembang di l…
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Muhammadiyah bukanlah kesatuan entitas yang seragam atau homogen. Keberagaman model kepengikutan itu muncul karena adanya gesekan manakala doktrin tarjih Muhammadiyah pascakepemimpinan Kiai Ahmad Dahlan diberlakukan secara kaku. Konsep Islam murni syariahistis itu akibat dari mendominasinya elite ahli syariah yang ingin memusnahkan tradisi TBC (takhayul, bida…
`Islam yang kita catut dari Kalam llahi dan sunnah bukan apinya, bukan nyalanya, tapi abunya, debunya,... ah, ya asapnya, abunya yang berupa celak mata dan surban, abunya yang bisanya cuma baca Fatihah dan Tahiti, bukan apinya yang menyala-nyala dari ujung zaman satu ke zaman yang yang lain.` -Sukarno, 1940 Dalam Kongres Islam di Cirebon tahun 1922, K.H.-Ahmad Dahlan menyatakan I bahwa kare…
Melalui sikap terbuka dan kritis dalam melihat masalah agama dan politik, Abdul Munir Mulkhan kemudian mencoba menawarkan wajah baru dunia politik yang lebih humanis dan egaliter dalam format demokratis dari koalisi multikultural dan multireligius. Buku ini juga membongkar banyak persoalan yang muncul dari pergulatan politik di indonesia. Beragam problem yang muncul dari upaya perwujudan gag…
Namun, ada pula yang justru menerima, karena dipandang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran Islam. Masih terus hidupnya gagasan Negara Islam Indonesia (Nil) merupakan bagian dari dinamika ini. Gagasan Nil oleh banyak pihak diletakkan sebagai turunan dari sistem ajaran Islam yang hampir bebas dari kritik. Karenanya, wacana Nil masih kerap muncul dan ikut mewarnai dinamika politi…
Generasi keempat aktivis gerakan Muhammadiyah yang lahir tahun 1980-an sudah jarang yang memiliki informasi tentang peran pendiri Muhammadiyah Kiai Ahmad Dahlan dalam memperbarui cara kehidupan keagamaan masyarakat Indonesia. Hampir suluruh tradisi sosial Islam negeri ini seperti pengelolaan perjalanan ibadah haji, pengajian di kampung-kampung, khutbah dengan bahasa lokal, pembangunan musolla (…