Phenomenology sebagai metode penelitian sosial yang selama ini digunakan untuk mengeksplorasi kehidupan community, mengeksplorasi pengalaman orang di kehidupan sosial mereka, dalam kehidupan first life mereka, di basic social mereka, tak mampu lagi menjawab tantangan kehidupan manusia di cybercommunity sebagai second life manusia. Keterbatasan ontologi dan epistemologi menyebabkan phenomenology…
Buku ini mengkaji dalam dimensi kualitatif realitas sosial yang dibentuk oleh media massa, khususnya iklan televisi. rentang pembahasannya bermula dari ciri realitas sosial media massa dan lapisan-lapisannya; proses kontruksi sosial dalam kaitannya dengan kemlompok-kelompok atau agen-agen sosial yang mengatur konten iklan televisi dan berakhir pada penarikan makna realitas sosial media massa ya…
Persoalan penting dalam sosiologi komunikasi adalah substansi interasi orang-orang dalam masyarakat, termasuk konten interaksi (komunikasi) yang dilakukan langsung atau yang dilakukan lewat media komunikasi, serta semua konsekuensi yang terjadi pada seluruh proses komunikasi tersebut. Buku ini memuat antara lain: filsafat, ruang lingkup, dan konsep sosiologi komunikasi; proses komunikasi dal…
Sering menjadi kendala bagi para pemula peneliti atau bagi peneliti sekalipun dalam menentukan rencana penelitian; tema, judul, dan rumusan masalah; menetapkan waktu, tempat, dan anggaran penelitian; melakukan tahap-tahap penelitian, baik itu mencari data melalui studi pustaka maupun kelapangan; serta menyusun sistematika hasil penelitian. Salah satu kendala utamanya adalha tidak ditemukanny…