Text
Eksperimentasi PAILKEM berbasis nyaman (menyatu dengan alam dan permainan) Terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari aktifitas belajar peserta didik kelas X smester genap di SMA N 1 Kotagajah TP 2014/2015
Kata Kunci: strategi PAILKEM berbasis nyaman, aktivitas belajar, kemampuan
berpikir kreatif matematis.
Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan memunculkan
dan mengembangkan berbagai gagasan dalam kegiatan/proses maternatika yang
memenuhi aspek kebaruan, keluwesan, kelancaran dan keterincian. Kemampuan
berpikir kreatif matematis yang baik diperoleh melalui pembelajamn yang
berprinsip Student Oriented dan bermakna. Salah satunya menggunakan strategi
PAILKEM Berbasis NyamanPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang lebih baik antara
Strategi PAILKEM berbasis Nyaman dan strategi Konvensional. 2) Mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis yang lebih baik antara peserta didik
aktivitas belajat tinggi, sedang dan tendah. 3) Mengetahui kcmampuan berpikir
kreatif matematis yang lebih baik antara Stmtegi PAILKEM berbasis Nyaman dan
strategi konvensiona], pada tingkat aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain
faktorial 2 x 3. Variabel yang diamati adalah kemampuan berpikir kreatif
matematis, strategi pembelajaran dan aktivitas belajar. Populasi dalam penelitian
ini adalah pcserta didik kelas X MIA SMA Negen' 1 Kotagajah Tahun Pelajaran
2014/2015 yang beijumlah 248 dengan sampel kelas X MIA 2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X MIA 1 scbagai kelas kontrol. Masing-masing kelas
berjumlah 31 peserta didik. Proses pcngumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan pengujian hipotesis
anova dua arah sel tak sama (Sig 5 %).
Tidak tersedia versi lain