Text
Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru
Pengembangan Model-model Pembelajaran merupakan suatu keniscayaan yang hams dipersiapkan dan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki tipe interest yang berbeda-beda dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan guru. Siswa ada yang memiliki tipe duditif, yaitu senang mendengarkan penjelasan dari guru, tipe visudl yaitu senang belajar melalui melihat dengan perantara media pembelajaran, dan ada siswa yang tipe kinestetik, yaitu senang belajar melalui pengalaman langsung. Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan model-model pembelajaran secara bervariasi agar menyentuh semua interest individu siswa.
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara klasikal, tetapi sentuhan guru harus tetap individual. Tugas guru bukan semata-mata mengajar (tedcher centered), tetapi lebih pada membelajarkan siswa (children centered). Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu siswa. Belajar merupakan suatu proses yang
Tidak tersedia versi lain