Text
Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran
Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa. Untuk membelajarkan seseorang, diperlukan pijakan teori agar apa yang dilakukan guru, dosen, pelatih, instruktur maupun siapa saja yang berkeinginan untuk membelajarkan orang dapat berhasil dengan baik. Ada dua pijakan teori yang dapat dijadikan pegangan agar pembelajaran berhasil dengan baik. Kedua teori tersebut adalah teori belajar yang bersifat deskriptif. Teori ini memerikan bagaiman seseorang melakukan kegiatan belajar. Teori belajar yang banyak diterapkan para ahli pembelajaran itu meliputi teori behavioristik, teori kognitivistik, teori humanistik, dan teori belajar sibernetik. Bahkan belakangan berkembang teori kontruktivistik. Semua teori belajar ini dipaparkan secara detail oleh penulis ang dikenal sebagai doktor dalam bidang teknologi pembelajaran.
Pijakan teori kedua yang dipaparkan dalam buku ini adalah teori pembelajaran atau teori preskriptif. Teori ini memerikan bagaimana pembelajaran seseorang mempengaruhi atau mendesain lingkungan belajar
Tidak tersedia versi lain