Buku ini diciptakan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan dan pemahaman pada kita sebagai orangtua maupun sebagai tenaga pendidik untuk memberikan fasilitas pembelajaran yang efektif, efisien, komunikatif, tepat sasaran dan yang paling utama adalah “menyenangkan” bagi peserta didik. Inilah tujuan inti dan utama dari penerapan psikologi wahana bermain anak dalam dunia pendidikan
Psikologi Pendidikan ini menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikann sehingga dapat dibangun menjadi sesuatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa. Buku ini mengajarkan tentang perilaku manusia, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi dari adanya kejiwaan pada manusia tersebut. Secara lebih rinci, hal-hal yang dibahas dalam buk…
Psikologi Pendidikan Islam adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari jiwa manusia dengan berbagai aspeknya berdasarkan ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Q.ur'an, al-Hadis dan pendapat para ulama, Ilmu ini sangat penting dalam merancang konsep pendidikan, terutama yang berkaitan dengan penyusunan kurikulum, bahan ajar dan kegiatan proses belajar mengajar. Munculnya berbagai macam metode, p…
Psikologi adalah bahasan yang selalu menarik bagi banyak kalangan, mulai dari yang muda, dewasa, sampai lanjut usia sekalipun. Khusus untuk buku ini, di dalamnya diulas pemahaman kepada masyarakat luas, tentang bidang psikologi berkaitan dengan perbedaan psikologi dan nonpsikoiogi atau diistilahkan sebagai 'pendapat populer'. Memperoleh rumusan yang tepat tentang pengertian psikologi tentu buk…
Apabila pendidikan dan pembelajaran diseting sesuai dengan realitas dan potensi subjek didik dan pem-belajar, akseptabilitasnya dimungkinkan akan lebih baik, karena sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan riil mereka dan lingkungan di mana mereka berada. Tugas negara, melalui kebijakan pemerintah, patut mendukung secara penuh pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk semua dalam upaya mencerd…
Guru dan anak didik adalah padanan frase yang serasi, seimbang, dan harmonis. Keduanya berada dalam hubungan kejiwaan yang saling membutuhkan. Dalam perpisahan raga, jiwa mereka bersatu sebagai dwitunggal. Guru mengajar dan anak didik belajar dalam proses interaksi edukatif yang menyatukan langkah mereka ke satu tujuan yaitu kebaikan. Guru tidak hanya disanjung dengan keteladannya, tetapi juga …
Banyak di antara Anda yang sedang rriembaca buku ini mungkin akan mengikuti kuliah psikologi pendidikan sebagai bagian persiapan profesional Anda untuk mengajar, konseling, tempi bicara, atau psikologi. Materi dalam buku teks ini mestinya menarik bagi siapa pun yang peduli tentang pendidikan dan pembelajaran, mulai dari relawan prasekolah sampai instruktur program masyarakat untuk para peny…
Banyak di antara Anda yang sedang rriembaca buku ini mungkin akan mengikuti kuliah psikologi pendidikan sebagai bagian persiapan profesional Anda untuk mengajar, konseling, tempi bicara, atau psikologi. Materi dalam buku teks ini mestinya menarik bagi siapa pun yang peduli tentang pendidikan dan pembelajaran, mulai dari relawan prasekolah sampai instruktur program masyarakat untuk para peny…
Pada hakikatnya inti persoalan psikologi pendidikan terletak pada anak didik, sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik yang secara psikologis pelakuan tersebut harus selaras dengan keadaan anak didik. Dengan demikian permasalahan psikologis yang berperan dalam proses pendidikan anak dapat terjawab apabila pendidik dapat memberikan bantuan kepada anak didik pendidikan dapat memberik…
Praktik-praktik pembelajaran tanpa dipandu oleh konsepsi dan teori-teori psikologi pendidikan akan melahirkan kehampaan nilai-nilai edukasional dalam keseluruhan interaksi guru dan siswa. Keberhasilan guru mentransmisikan bahan ajar sebagai fungsi pembelajaran sejati, harus diterima sebagai konsep yang usang, kecuali di dalamnya juga mengintegral sentuhan psikologis secara seutuhnya, sesuai den…