Model Inclusive Teaching (I-Teach) merupakan model pengajaran yang diperuntukkan bagi guru yang mengajar di kelas inklusif, di mana proses pembelajaran di dalamnya melibatkan kehadiran dan partisipasi dari anak dengan kebutuhan khusus. Proses pembelajaran dengan model I-Teach ini dilaksanakan secara terpadu dengan tematik atau berbasis tema. Adapun proses pembelajaran yang dikembangkan meliputi…
Buku Perencanaan Pembelajaran ini memaparkan seluk-beluk perwacanaan pendidikan untuk anak usia dini, mulai dari tahap pengenalan menyusun rencana dan desain pembelajaran. Buku ini ditujukan kepada semua pendidik dan calon pendidik yang akan merencanakan pembelajaran di pendidikan anak usia dini sehingga lebih memperkaya wawasan dan membantu pembaca memahami persiapan-persiapan apa saja yang di…
Pada buku ini penulis mengkaji tentang merdeka belajar yang dikaitkan dengan hakikat anak usia dini, pendidikan anak usia dini, implementasi merdeka belajar di PAUD melalui bermain, serta enam program pengembangan pada kurikulum PAUD yaitu program pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional dan kemandirian, serta program pengembangan seni
Buku ini membahas mengenai pengembangan perilaku dalam pembelajaran PAUD sehingga tercipta pengondisian secara utuh di lingkungan sekolah sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan dan kompetensi orang tua dalam pengasuhan anak serta karakteristik pola-pola pengasuhan dalam keluarga.
Buku ini berisi model pembelajaran kooperatif dan contoh penerapannya pada jenjang Sekolah Dasar, yang diawali dengan pengertian, komponen utama model, kelebihan dan kekurangan dan RPR Adapun model yang disajikan dalam buku ini meliputi TGT, NHT, CIRC, Example Non Example, Talking Stick, TTW, TS-TS, Scramble, Kontekstual, Role Playing, Group Investigation. Make a Match, PBL, Cycle 5 E, Student …
Sesuoi dengan amanat Kurikulum Tingkat Sotuan Pendidikan [KTSP], bahwa guru sebagai agen ipembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual dengan 'melibatkan langsung perdn serta peserta didik secara aktif (student centre). Sebaik apa pun substansi materi ajar tetap jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya, maka substansi ters…
Buku yang berjudul Model Pembelajaran Multipel Representasi ini merupakan buku hasil penelitian pengembangan yang telah penulis lakukan sejak Tahun 2009 hingga Tahun 2014. Pengembangan model pembelajaran tersebut didasarkan atas teori belajar konstruktivisme, teori pemerosesan informasi, teori duel coding, dan teori Schonbom-Anderson. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan cara mengintegras…
Pembelajaran sebagai salah satu titiktumpu pendidikan, khususnya sejarah, selalu memainkan peran penting dalam kemajuan peserta didik. Guna tercapainya output pendidikan yang baik dan berkualitas maka pembelajaran selalu melibatkan metode dan model yang baik. Oleh karenanya, berbagai pemikiran mengenai model dan metode yang digunakan oleh para pakar pendidikan, khususnya pendidikan sejarah, sen…
Model pembelajaran emansipatoris diaksentuasikan pada pembelajaran berpusat pada peserta didik. Namun, buku ini juga tidak mengisolasi keberadaan model pembelajaran berpusat pada guru. Beberapa model pembelajaran berpusat pada guru sengaja disajikan agar oposisi binari (pembelajaran berpusat pada siswa versus pem¬belajaran berpusat pada guru) memudahkan pembaca memahami makna model pembelajara…