Dalam era di mana data telah menjadi aset paling berharga,kemampuan untuk menggali wawasan berharga dari data tersebutmelalui machine learning telah menjadi suatu keharusan. Buku inidirancang dengan tujuan untuk mengatasi hambatan-hambatan yangseringkali membuat pembelajaran tentang machine learning terasakompleks dan sulit dipahami. Dengan pendekatan yang jelas,sederhana, dan disertai studi ka…
Machine learning merupakan salah satu cabang ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang berkembang sangat cepat dan telah menyebabkan masalah klasifikasi, regresi, klastering, dan anomaly detection pada berbagai bidang dapat diatasi lebih efisien. Misalnya, pengenalan sel yang bersifat abnormal berdasarkan citra CT Scan membantu dokter mendiagnosis pasien. Pengenalan jenis dan lokasi…
Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masalah, merampungkan tugas, atau menyelesaikan suatu tujuan bersama (Artz & Newman, 1990). Model pembelajaran kooperatif mengharuskan siswa untuk bekerja sama dan saling bergantung secara positif antarsatu sama lain dalam konteks struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward. Gaga…
Buku ini membahas bagaimana sebenarnya konsep inti dari cooperative learning, siapa yang berperan didalamnya, dan bagaimana strategi menerapkannya. Konsep cooperative learnig pada intinya menempatkan pengetahuan yang dipunya siswa merupakan hasil daripada aktivitas yang dilakukannya, bukan pengajaran yang diterima secara pasif. Di antara kelebihan pembelajaran secara konstruktivisme yang bisa d…
smartphones, videogames, webcasts, wikis, blogs, texting, emoticons. What does the rapidly changing digital landscape mean for classroom teaching? How has technology affected the brain development of students? How does it relate to what we know about learning styles, memory, and multiple intelligences? How can teachers close the digital divide that separates many of them from their students? I…
Aktivitas pendidikan di sekolah telah bergerak dari pendidikan tradisional memiju pendidikan progresif. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai sekolah dengan basis pengembangan potensi diri anak secara optimal tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Buku ini ditulis dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya memahami dan mengembangkan strategi pembelajaran dalam me…
-
Oleh karena tuntutan penguasaan bahasa Inggris yang semakin tinggi, maka buku ini menyasar para mahasiswa perguruan tinggi keislaman dan memosisikan dirinya sebagai jembatan untuk memahami berbagai teks ilmiah keislaman yang ditulis dalam bahasa Inggris. Karena itu, enam bab buku ini dikelompokkan ke dalam tiga bagian utama: (1) Reading Focus: berkaitan dengan bacaan pengetahuan keislaman yang …
Buku Mindful Learning memberikan paradigma baru dalam memahami proses belajar secara kontekstual, yang dibutuhkan dalam pendidikan abad 21. Pendekatan Mindfulness membuka kesempatan untuk dapat belajar lebih efektif serta meninggalkan kebiasaan belajar yang bersifat mengekor atau menuruf. Bagi dunia pendidikan di Indonesia, kehadiran buku ini sangatlah bermanfaat bagi pendidik dan anak didik. K…
-
Coopertive Learning merupakan suatu model pembelajarn yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata sehingga dalam bekerja secara bersama-sama diantara sesama anggota kelompok dapat meningkatkan motivasi, produktivitas, dan hasil belajar. Buku ini membahasa secara detail bagaimana menciptakan kegiatan pebelajaran yang tidak membosankan denga…