Dalam beberapa tah'un terakhir ini, timbul kesadaran bahwa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakattidak terlepas dari tangan dingin para wirausahawan— orang-orang yang dinamis dan yang berkomitmen untuk meraih kesuksesan dengan menciptakan serta memasarkan berbagai produkdan jasa baru yang inovatif dan yang berfokus pada pelanggan. Wirausahawan telah menjadi penggerak utama dalam per…
Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Lesunya permintaan pasar akibat Covid-19 memperparah kondisi UKM. Beberapa kegiatan pengabdian yang disajikan dalam buku ini sebagai kontribusi perguruan tinggi dalam memberdayakan UKM untuk bangkit pada masa pendemi Covid-19. Kegiatan pengabdian yang disajikan dalam buku ini menyajikan …
Setiap pebisnis harus memiliki buku ini. Buku ini akan memberikan panduan atau tutorial secara terpadu tentang bagaimana membangun sebuah kerajaan bisnis yang efektif bagi para pemula dan menjadi seorang pengusaha yang sukses, dengan menciptakan keunggulan bersaing melalui sebuah perencanaan bisnis dan aktivitas pemasaran yang terstruktur dan terkelola dengan baik. Pembahasan yang ada dalam…
Buku ini memberikan informasi dan wawasan bagi pelaku usaha kecil dan mikro maupun bagi akademisi serta praktisi yang berorientasi ekspor. Pemaparan materi buku ini disajikan secara sistematis, dan dilengkapi dengan contoh kasus. Tidak hanya berupa teori, buku ini pun menyajikan solusi praktis yang dapat dipelajari dengan menampilkan strategi usaha kecil dan mikro dalam memasuki pasar global. B…
Buku Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil ini menjelaskan secara praktis dan langsung bagaiman merintis usaha baru dan menjadi wirausahaan yang sukses. Topik-topik aktual yang berkaitan dengan dunia wirausaha dan usaha kecil menengah (UKM) dibahas secara lengkap dalam buku ini, seperti analisis kelayakan dan rencan bisnis, waralaba, perdagangan elektronik (E-commerce), serta etika. Disamping…
Buku ini merupakan sebagian sumbangan pemikiran penulis mengenai kondisi sektor riil pada lingkup Usaha Kecil Menengah (UKM) dan lingkup Industri yang ditulis pada tahun 2003-2009. Mayoritas tulisan telah dimuat di media masa Pikiran Rakyat, Kompas, Tribun Jabar, Seputar Indonesia (SINDO). Membahas UKM dan Industri sangat menarik, memiliki tantangan tersendiri, karena apabila UKM dan Industri b…
Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) memperiihatkan ketangguhannya di saat negeri ini dilanda krisis ekonomi hebat pada tahun 1998 yang lalu. Disaat usaha besar bertumbangan satu per satu UKM justru mampu eksis dalam menghadapi situasi tersebut. Sejak saat itu terjadi euforia untuk mengembangkan UKM ini. Pertumbuhan UKM dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi sangat diyakini tidak saja di ne…
Bisnis Waralaba merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Beberapa peluang bisnis dikemas dalam bentuk seperti waralaba yang merupakan konsep bisnis diciptakan seseorang atau satu tim (franchisor), memberikan hak kepada seseorang (franchisee) untuk menjual konsep bisnis yang telah terbukti pangsa pasarnya. Hubungan antara franchisor dan franchisee dibangun bersama dengan kontrak yang dinamakan…
Dewasa ini semakin banyak anggota masyarakat yang mencoba masuk kedunia usaha, baik usaha mikro, kecil maupun menengah. Niat memasuki dunia usaha pada umumnya didorong oleh kondisi perekonomian nasional yang belum sepenuhnya mampu menciptakan lapangan kerja, baik bagi mereka yang pada saat ini siap memasuki dunia kerja, maupun angkatan kerja baru, yakni mereka yang baru lulus dari pendidikan at…
KONAS pertama diselenggarakan Juli 1997 atas inisiatif The Asia Foundation dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). KONAS kedua merupakan kerjasama Forda UKM, The Asia Foundation dan berbagai lembaga termasuk ISEI, CESS, PUPUK, AKATIGA, YASPPUK, Swisscontact dan mitra lokal dari Forda. KONAS diharapkan dapat menjembatani kebutuhan akan informasi dan peluang pasar bagi UKM serta mendorong tr…