Ketika diketahui bahwa para siswa tidak mendapatkan nilai yang memadai dari hasil evaluasi sekolah, maka beberapa pertanyaan muncul dalam benak para pendidik, dimanakah letak kesalahan dalam proses pembelajaran? Ada beberapa faktor yang memerlukan kembali penataan ulang pembelajaran seperti desain sistem pendidikan dan strateginya, bobot evaluasi, teori belajar yang mendung sampai pada faktor f…
Secara umum strategi kognitif dapat dimaknai sebagai suatu prosedur mental yang digunakan untuk mencapai tujuan kognitif mulai dari yang paling naluriah seperti penginderaan sampai pada jenjang kognitif yang lebih tinggi yaitu pengamatan, menyimpan dan mengingat, imajinasi, dan berpikir. Gagne menyebutkan bahwa "strategi kognitif merupakan salah satu hasil pembelajaran yang paling penting berup…
Aktivitas pendidikan di sekolah telah bergerak dari pendidikan tradisional memiju pendidikan progresif. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai sekolah dengan basis pengembangan potensi diri anak secara optimal tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Buku ini ditulis dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya memahami dan mengembangkan strategi pembelajaran dalam me…
Srategi Fembeiajaran Inovatif Kontemporer No Kendali : 0005591 Di Indonesia, wacana tentang profesionalisme pendidik kini semakin menyeruak ke ruang publik seiring dengan meningkatnya tuntutan akan mutu pendidikan. Dalam hal ini, pendidik (guru/dosen) akhirnya menjadi sorotan karena merekalah yang menjadi garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan siswa dalam proses belajar mengajar. …
Buku ini memberikan informasi kepada para pembaca tentang penggunaan humor dalam membantu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain materinya berupa kajian teoretis tentang pembelajaran yang menyenangkan melalui humor, juga didukung oleh hasil penelitian, yang disari dari tesis dan disertasi penulis. Menurut buku ini, salah satu bentuk interaksi dan komunikasi yang menyenang…