Pelatihan apa pun yang dilakukan, jika tidak mengubah pembelajar ke arah yang positif, tidak banyak manfaatnya. Tugas pielatih (coach) tidak mencekoki, namun lebih berfungsi sebagai fasilitator untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki si pembelajar. Di dalam proses pembelajaran itu, maka peran pembelajar menjadi sangat vital. Si pembelajarlah yang harus giat berlatih, melalui jatuh bangun. …
Pendidikan dan latihan bukanlah pekerjaan rutin bagian diklat sebuah perusahaan atau organisasi. diklat yang diadakan, tidak sekadar untuk memenuhi rencana yang sudah ditetapkan namun, diklat yang baik justru yang dirancang sesuai dengan kebutuhan sebuah organisasi. para manajer yang mengirim karyawan mengikuti diklat, sering mengirim mereka tanpa pertimbangan dan tujuan yang jelas. atau menyel…
pelatihan apaun yang dilakukan jika tidak mengubah pembelajaran kearah yang positif, tidak banyak manfaatnya, tugas pelatih (coach) tidak mencokoki. namun lebih berfungsi sebagai fasilitator untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki si pembelajar. didalam proses pembelajaran itu, maka peran pemelajar pun menjadi vital. si pembelajar yang harus giat berlatih melalui jatuh bagnun. sementara tu…