Jdl: Sejarah Pendidikan Islam No. kendali: 0005592 Sejarah pendidikan Islam mencakup fakta-fakta yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik formal maupun nonformal. Sejarah pendidikan Islam memberikan arah kemajuan yang pemah dialami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan pendidikan tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.…
Dunia saat ini sering disebut sebagai dunia milenial artinya dunia yang menggambarkan kehidupan masyarakatnya sangat ketergantungan terhadap keberadaan teknologi terutama teknologi komunikasi. Masyarakat yang cenderung memanfaatkan teknologi untuk menunjang seluruh aktivitasnya, terutama dalam masalah ekonomi seperti transaksi online, belanja online dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut s…
Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya …
Merdeka belajar adanya kesadaran kritis, memberikan kebebasan dan kemandirian untuk mewujudkan SDM Unggul sebagai agen perubahan Pendidikan Islam Holistik melahirkan manusia merdeka (cognitif, afektif & psikomotorik), mandiri, berbudaya untuk peradaban bangsa dan mengabdi kepada-Nya
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA ini ditujukan bagi peserta didik SMA yang ingin memahami Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti lebih mendalam. Buku ini menyajikan materi esensial, kegiatan, dan soal-soal yang akan membantu peserta didik mencapai hasil pembelajaran secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif maupun non-kognitif untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasil…
Buku ini merupakan hasil studi PPIM UIN Jakarta tentang persepsi guru agama (baik di sekolah maupun madrasah) terhadap isu-isu sosial keagamaan di 11 kabupaten/kota di Indonesia. Penelitian tersebut mendalami seberapa jauh pendidikan agama Islam, melalui guru agamanya, memperkuat civic values (kebebasan, persamaan, keadilan, toleransi, dan persatuan) dan negara bangsa berdasar Pancasila dan U…
Buku ini memaparkan tentang kurikulum khususnya tentang teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI. Terdiri atas 14 bab, pembahasan buku ini dibuka dengan pemaparan tentang pengertian, fungsi dan paradigma kurikulum. Disusul dengan pembahasan tentang prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas pengembangan kurikulum PAI mulai dari asas religi, asas filosof…
Manusia di tengah alam semesta, ternyata, tidak memiliki daya apa pun jika bukan karena pemeliharaan Allah Swt. Pemahkah kita terpikir "Untuk apa Allah menciptakan seluruh galaksi jika hanya Bum! saja yang berpenghuni?" Hanya manusia yang diberi anugerah kelebihan sekaligus kekurangan oleh Allah Swt. berupa kemampuan menentukan pilihan: fujur atau takwa (seperti yang tersurat dalam Asy-Syams: 8…
Buku Pendidikan Agama Islam ini dirancang sebagai buku wajib mahasiswa pada Perguruan Tinggi Umum. Sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 20/Dikti/Kep/1997 Tanggal 11 Februari 1997 tentang Penyempurnaan Garis-Garis Besar Program Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
i i M i v ^ i — vjivm i \i_Lno /\i Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA jilid 2 ini disusun sebagai buku teks pelajaran Agama Islam kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Buku ini dikembangkan dengan konsep bahwa belajar Agama Islam adalah bagian tak terpisahkan dari amal atau perbuatan sehari-hari, sehingga siswa mampu memahami persoalan hidup dan mengambil peran sebagai pe…
Salah satu hal penting yang dapat mempertahankan bahkan mengembangkan sebuah lembaga pendidikan adalah pengelolaan sistem informasi yang tepat. Informasi yang dikelola dengan baik dalam suatu sistem dikenal dengan istilah sistem informasi manajemen, sedangkan sistem informasi manajemen yang diterapkan dalam lembaga pendidikan disebut sistem informasi manajemen pendidikan. Melalui informasi…
Islam merupakan satu-satunya agama yang sesuai dengan fitrah manusia (QS. Ar-Rum [30]: 30), yang di dalamnya terdapat sistem keyakinan, peribadatan, dan sistem norma (tata kaidah), yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam lainnya. Kebenaran Islam sebagai agama fitrah dapat dipahami melalui informasi yang datang dari Allah dan Rasul-Nya, y…
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (llahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang mayoritas masyarakatnya memeluk Islam, seharusnya PAI mendasari pendidikan-pendidikan lain, serta menjadi core (inti) dan primadona bagi masyarakat, o…
Kurikulum merupakan komponen yang urgen dalam pendidikan, sebab akan menjadi panduan yang akan memandu dan membawa ke arah mana pendidikan itu ke depan. Dengan kurikulum proses pendidikan akan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka kurikulum menjadi "kitab suci"-nyapendidikan. Intinya dari pendidikan adalah pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan tidak akan terlaksana dengan baik tanpa …
Indonesia adalah negara kaya dengan kemajemukan masyarakatnya, dari beragam budaya, etnis dan agama. Keragaman ini pada satu sisi merupakan kekuatan bangsa, namun disisi lain berpotensi terjadinya konflik. Suatu konflik yang dapat terjadi dalam proses interaksi sosial yang masih rapuh dalam kesadaran tentang kesadaran pluralisme dan multkultural. Dalam hubungan intra dan antar umat beragama, su…
-
-
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (Balai Litbang Agama) Jakarta, pada tahun 2004 telah melaksanakan program kegiatan "Lomba Karya Tulis Ilmiah" bagi para guru Madrasah Aliyah (MA). Program tersebut telah diikuti oleh 104 guru MA dan menghasilkan 10 naskah karya tulis ilmiah yang layak untuk dibaca. Kesepuluh naskah tersebut perlu disebarluaskan kepada para guru di lingkungan lembaga pend…
Fenomena semakin maraknya tindak korupsi, asusila, pelecehan seksual, kekerasan, dan penipuan, yang meresahkan di tengah-tengah masyarakat kita menjadi situasi yang sangat bertolak belakang dengan citra bangsa Indonesia yang dikenal masyarakat dunia sebagai bangsa yang religius. Sikap dan perilaku seperti ini sangat jauh dari nilai-nilai religiusitas. Karena sebagaimana diketahui, tidak ada sat…