Buku ini secara sederhana menjelaskan tentang definisi-definisi belajar dan proses penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif terutama kepada Anak Usia Dini. Dilengkapi dengan beberapa data hasil penelitian tim penulis di lembaga pendidikan Anak Usia Dini.
Buku ini membahas mengenai pengembangan perilaku dalam pembelajaran PAUD sehingga tercipta pengondisian secara utuh di lingkungan sekolah sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan dan kompetensi orang tua dalam pengasuhan anak serta karakteristik pola-pola pengasuhan dalam keluarga.
Buku ini tidak spesifik membahas neurosains dalam pembelajaran anak usia dini secara sempit, tetapi pembelajaran secara luas. Oleh karena itu, dalam buku ini sering digunakan istilah "anak", "anak didik", "peserta didik" atau"siswa". Semuanya dimaksudkan untuk menyesuaikan penggunaan teori-teori neurosains dalam pembelajaran sesuai dengan tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan peserta didik.
Dalam buku ini dikupas dengan lugas dan tuntas mulai dari perencanaan kegiatan pembelajaran, komponen sekolah sebagai sistem sosial, perencanaan media dan bahan foto-foto pembelajaran, perencanaan pembelajaran terpadu model sentra sampai dengan evaluasi perencanaan kegiatan pembelajaran anak usia dini. Materi-materi tersebut sengaja dikupas untuk tercapainya tujuan dari penulisan buku ini, yai…
Salah satu strategi menarik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada tingkat anak usia dini adalah Strategi BCMI (Bermain, Cerita, dan Menyanyi Islami). Buku ini merupakan panduan mengenai tata cara dan strategi penyampaian BCMI kepada siswa, supaya proses pembelajaran yang dilaksanakan tepat sasaran, efektif, dan efisien.
Bagi pendidik, memahami konsep dasar pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Terlebih dalam pembelajaran pada level usia dini memerlukan perlakuan yang lebih intensif dibanding level-level lainnya. Manfaat utama memahami konsep dasar tersebut adalah dapat lebih memudahkan pendidik dalam menentukan strategi, model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang paling tepat, sehingga pembelajaran di…
Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini, seperti: kelom…
MASALAH utama yang dihadapi bangsa kita saat ini adalah rendahnya kualitas hidup manusia yang ditunjukkan oleh rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia bila dibanding dengan negara lain di dunia. Pemberdayaan anak dipandang sebagai bagian utama peningkatan kualitas mutu hidup manusia, karena anak adalah kelompok strategis keberlanjutan bangsa. Dengan fokus pada anak, maka sekalig…