Buku Psikologi Komunikasi Dakwah adalah sebuah panduan teks yang mengintegrasikan teori-teori psikologi umum dan psikologi Islam untuk memahami manusia dalam konteks dakwah. Penulisnya menjelaskan paradigma memandang manusia dari berbagai perspektif psikologis. Dalam bab-babnya, buku ini menguraikan konsep-konsep penting dalam psikologi komunikasi dakwah, termasuk pengertian, ruang lingkup, dan…
Buku Komunikasi Politik: Suatu Pemahaman Awal ini diharapkan mampu mengantarkan pembaca pada suatu pandangan panoramik tentang konsep maupun praktik komunikasi politik. Di dalamnya tidak saja diuraikan pandangan-pandangan para ahli mengenai konstruksi teoretik dan konseptual, melainkan juga pemahaman praktis dan pengalaman berbagai negara dalam hal komunikasi politik. Bukan hanya itu, aktivita…
Mengingat pentingnya etika berkomunikasi, maka buku ini ditulis dengan tujuan untuk menjadi pembelajaran bagi mahasiswa maupun anggota masyarakat lainnya agar memiliki pengetahuan dan wawasan tentang etika komunikasi sesuai perundang-undangan yang ada, sehingga bisa menjadi pribadi yang bijak dan santun dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun secara tertulis. Selain dari itu, buku ini jug…
Dalam upaya untuk mewujudkan literasi dan belajar, definisi baru mengambil banyak bentuk, termasuk literasi media, literasi komputer. literasi sains, dan literasi sekolah. Belakangan, gagasan literasi ini mendapat daya tarik di berbagai bidang. Bahkan, gagasan tersebut telah berkembang menjadi ukuran pencapaian pendidikan di seluruh dunia. Oleh karena itu, strategi pengembangan pendidikan bi…
Selama ini, apakah ada yang pernah berpikir tentang sebenarnya bagaimana sih teknik berkomunikasi yang baik? Apakah dengan menggunakan nada yang menggebu-gebu? Atau justru dengan nada yang tenang namun tetap dengan artikulasi yang jelas? Lalu, apakah pernah terbesit jika ternyata teknik komunikasi kita selama ini yang kita anggap menyenangkan justru salah dan membuat orang lain merasa tidak nya…
Dalam kesehatan komunikasi sebagai dasar untuk memberikan pelayanan terhadap klien/pasien. Di dalamnya terdapat berbagai jenis komukasi kesehatan; komunikasi interpersonal, kelompok, terapeutik dan komunikasi berdasarkan karaktersik klien/pasien. Dari komunikasi tersebut dapat dilakuan diagnosis dan tindakan medis dan sebagainya, sehingga komunikasi dalam kesehatan memagang peranan sentral untu…
Buku ini dapat digunakan sebagai dasar komunikasi seorang perawat dalam merawat klien (management of care) atau dalam memberikan layanan kesehatan (management of service). Secara umum buku ini membahas tentang konsep dasar komunikasi, konsep komunikasi efektif, komunikasi terapeutik dalam keperawatan, komunikasi keperawatan dalam konteks sosial dan budaya, komunikasi intrapersonal, komunikasi i…
Buku Socrates Cafe ini berusaha mengkaji dan mempertanyakan secara kritis berbagai persoalan yang muncul dalam masyarakat digital. Pembaca diajak bersikap kritis terhadap penggunaan media digital dan beragam konten yang tersaji di internet, termasuk terhadap kebebasan dan pilihan pribadi, serta selalu memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk membuat informasi menjadi pengetahuan(knowledge) d…
Komunikasi politik adalah fenomena yang selalu menarik untuk dicermati dalam setiap sistem politik. Namun, studi tentang komunikasi politik yang diperuntukkan bagi para politikus ataupun pejabat negara terasa masih langka dan harus terus menjadi sentral perhatian. Buku Komunikasi Politik ini adalah salah satunya. Tidak hanya membahas hakikat komunikasi politik, buku ini secara detail dan komple…
Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan dalam proses pembelajaran. Pada titik inilah seorang guru atau dosen seharusnya menguasai secara baik dalam berkomunikasi. Gur-u merupakan kunci keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, guru adalah salesagen dari lembaga pendidikan, baik atau buruknya perilaku atau cara strategis guru dalam dunia pendidikan. …
Komunikasi antarpribadi merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh perorangan baik secara langsung (tanpa media) maupun tidak langsung (melalui media). Ciri-ciri komunikasi antarpribadi diantaranya adalah arus pesan dua arah, dilakukan secara tatap muka, dan umpan baliknnya segera. Komunikasi antarpribadi dikatakan efektif apabila komunikan menerima, memahami pesan yang disampaikan oleh ko…
dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi ini, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal.
Buku ini berisi konsep protokol dan standar komunikasi data, data dan sinyal, media transmisi data, dan gangguan transmisi data.
Komunikasi Antarbudaya (intercultural communication) adalah proses pertukaran pikiran dan makna antara orang-orang yang berbeda budaya. Ketika komunikasi terjadi antara orang-orang berbeda bangsa, kelompok ras atau komunitas bahasa, komunikasi tersebut disebut komunikasi antarbudaya (selanjutnya disingkat KAB). Jadi pada dasarnya komunikasi antarbudaya mengkaji bagaimana budaya berpengaruh terh…
Komunikasi adalah proses pengiriman atau penyampaian berita atau informasi dari satu pihak ke pihak lain dalam usaha untuk mendapatkan saling pengertian.
Perkembangan teknologi komunikasi yang kian pesat saat ini menjadi sebuah keniscayaan. Menghalangi atau menghilangkannya tentu tidak mungkin, yang bisa dilakukan adalah mengurangi dampak buruk serta mendorongnya jika punya dampak positif. Perkembangan teknologi komunikasi seringkali melebihi kecepatan perkembangan manusia. Percepatan itu tentu akan memengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku ma…
Buku ini adalah bagian dari Metode Riset Komunikasi Visual. Metode ini berusaha untuk menggambarkan sumber semiotika yang dikapai para pengguna bahasa, seperti sudut pengambilan gambar dan komposisi, sering disebut tata bahasa gambar.
Disiplin komunikasi perusahaan berkembang pesat dan masih banyak yang bisa diceritakan kepada pembaca tentang konsep dan fungsinya. Banyak orang terkadang keliru dalam memahami konsep dasar komunikasi perusahaan. Beberapa menyamakannya dengan hubungan masyarakat yang maju dan yang lain ingin menghubungkan komunikasi perusahaan dengan disiplin ilmu yang lain. seperti Komunikasi Perusahaan, Komun…
Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki barang bercitra eksklusif. Politisi atau motivator bisa mempengaruhi ribuan orang. Kita mendapati ada orang yang mudah berubah pilihannya, namun sebagian lagi sangat teguh pendiriannya sehi…
Komunikasi belajar mengajar