Semasa mahasiswa, penulis merasa kecewa, frustasi karena gagal memperoleh bahan-bahan, suasana dan kesempatan yang memadai untuk mengasah kepandaian kepustakaan khususnya. Sampai sejauh ini pun, tidak ada yang menaruh perhatian secara khusus pada metodologi penelitian kepustakaan. Oleh karena itu, buku ini ditulis sebagai bagian dari upaya untuk menjawab kekecewaan atas kelangkaan buku metodolo…
Sebagai pembuka jalan untuk memahami konsep ilmu informasi, komunikasi, dan kepustakaan secara komprehensif, buku ini secara umum bersifat praktis dalam banyak hal pada pembahasannya, sehingga diharapkan akan dapat mempermudah pembaca akademisi dan praktisi untuk memahaminya. Pokok materi yang dibahas, termasuk contoh-contoh praktisnya, sebagian besar didasarkan kepada gagasan aplikasi teori…
Akhir-akhir ini perhatian masyarakat terhadap perpustakaan menunjukkan adanya peningkatan yang berarti. Perpustakaan sekolah pun tidak luput dari perhatian para pengelolanya, tak ada sebuah sekolah pun yang tidak memiliki perpustakaan, sebab perpustakaan sekolah diibaratkan sebagai jantunngnya dari sekolah yang bersangkutan. Buku ini bermaksud memberikan sebuah petunjuk atau pedoman sederhan…