Image of Inspirai kebangsaan dari ruang kelas

Text

Inspirai kebangsaan dari ruang kelas



Pendidikan merupakan pilar kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan bagian dari kebudayaan. Tersebutlah Willem Iskander, Engku Mohammad Syafei, dan Ki Hadjar Dewantara yang berperan mencerdaskan bangsa. Selayaknya kita mengingat nama-nama para pejuang ini agar pendidikan di Indonesia terus bersinar demi kemajuan bangsa.
M. Syafei, Willem Iskander, Ki Hadjar Dewantara, adalah pejuang-pejuang yang men-ciptakan kesadaran baru menuju dan menjadi merdeka dengan mendirikan lembaga pendidikan. Lembaga yang didirikan memberi arti besar untuk memahami proses lahirnya kesadaran baru anak negeri jajahan menjadi bangsa yanc) merdeka. Buku ini memberikan sumbangan amat berguna bagi pemahaman tentang peranan pendidikan melalui ketiga tokoh tersebut.
(Anhar Gonggong, sejarawan, Guru Besar Fakultas llmu Budaya Ul, Jakarta)
Buku ini bukan hanya menyajikan sejarah dan pelaku praksis pendidikan dari ketiga tokoh peletak dasar pendidikan nasional, K.H. Dewantara, Moh. Syafei,Willem Iskander, tetapi mereka juga ikut menjiwai revolusi kemerdekaan Indonesia sebagaimana ter-cantum dalam Pembukaan UUD 1945. Buku ini wajib dibaca dan dikaji oleh para ahli sejarah, ahli pendidikan, pemerhati pendidikan, para wakil rakyat.
(H.A.R. Tilaar, Akademi llmu Pengetahuan Indonesia)
Kehadiran buku ini sangat membantu memahami pentingnya peran dan visi guru da¬lam menanamkan dasar pendidikan Indonesia. Walaupun merasa ada kekurangannya, adalah pada peran guru perempuan yang mengisi proses kemerdekaan pula. Saya sambut dengan perasaan terima kasih.
(Henny Supolo Sitepu, Ketua Yayasan Cahaya Guru)
Dengan mengubah cara pandang kita melihat pahlawan, St. Sularto dalam buku ini memperkenalkan tiga tokoh perintis pendidikan, Willem Iskander, Ki Hadjar Dewantara, dan Engku Mohammad Syafei, masing-masing dengan lembaga yang mereka dirikan. St. Sularto dengan bukunya ini dapat dinilai sebagai inisiatif membuka wacana me-ngenai salah satu aspek penting dalam kebijakan pendidikan nasional yang barangkali agakterlupakan.
(A. Sudiardja, SJ, Guru Besar Fakultas Teologi Wedabhakti USD, Yogyakarta)


Availability

26381.1.8868370.1 Sul i c.1Cadangan (Cadangan)Available but not for loan - No Loan
26382.2.8868370.1 Sul i c.2Sirkulasi (Rak 4)Available
27129370.1 Sul i c.3Sirkulasi (Rak 4)Available
27130370.1 Sul i c.4Sirkulasi (Rak 4)Available
27131370.1 Sul i c.5Sirkulasi (Rak 4)Available
27132370.1 Sul i c.6Sirkulasi (Rak 4)Available
27133370.1 Sul i c.7Sirkulasi (Rak 4)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
370.1 Sul i
Publisher Kompas : Jakarta.,
Collation
xxx, 336 hal. : il. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024120566
Classification
370.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To Previous