• Beranda
  • Profil
    Sejarah Pustakawan Info Perpustakaan Visi dan Misi Struktur Organisasi
  • Layanan
    Repository Sumber Elektronik Tata Tertib Baca Kartu Baca Layanan Peminjaman Bebas Pustaka
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Ergonomi pendidikan

Text

Ergonomi pendidikan

Sutajaya, I Made - Nama Orang;

Ergonomi adalah ilmu, teknologi dan seni untuk menyerasikan alat, cara kerja dan lingkungan pada kemampuan, kebolehan dan batasan manusia sehingga diperoleh kondisi kerja dan iingkungan yang sehat, aman, nyaman dan efisien sehingga tercapai produktivitas yang setinggi-tingginya. Ergonomi sangat diperlukan di dalam suatu kegiatan yang melibatkan manusia di dalamnya dengan memperhitungkan kemampuan kebolehan, batasan, dan tuntutan tugas. Sering dilupakan bahwa siswa atau pebelajar merupakan insan yang mempunyai kemampuan, kebolehan, dan keterbatasan tertentu yang seharusnya digunakan sebagai parameter fisiologis terkait dengan kemampuan kardiovaskular, kemampuan otot, kebutuhan energi (nutrisi), dan faktor psikofisiologis lainnya seperti bosan, malas, emosi, sulit konsentrasi dan Iain-Iain. Berdasarkan pendapattersebut perlu diterapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam proses pembelajaran untuk meminimalkan kelelahan, keluhan muskuloskeletal, dan kebosanan sehingga ketelitian, kecepatan, dan konstansi kerja serta kualitas proses pembelajaran dapat ditingkatkan.Pada proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik dan mental, secara terpadu dapat menimbulkan kelelahan, keluhan otot, dan kebosanan. Dilihatdari luaran proses pembelajaran ternyata dampak tersebut dapat memengaruhi ketelitian, kecepatan, dan konstansi kerja pebelajar yang pada akhirnya kualitas proses pembelajaran bisa terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan prinsip ergonomi yang dikenal dengan istilah ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat dan Efisien) dan dipadukan dengan prinsip pembelajaran yang dikenal dengan istilah PAKEMI (Partisipatori, Atraktif, Kreatif, Empati, Menyenangkan, dan Inspiratif) dan I2M3 (Inspiratif, Inovatif, Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi).Melalui Buku Ergonomi Pendidikan pembaca diajak untuk ikut mengkaji prinsip-prinsip ergonomi yang dapat diaplikasikan di dalam proses pembelajaran. Pada bagian akhir buku ini ditulis mengenai beberapa temuan yang berkaitan dengan penelitian ergonomi di bidang pendidikan.


  • Ketersediaan
  • Informasi Detail
  • Lampiran Berkas
Code No Panggil Lokasi Stok
30309371.3 Sut e c.1Cadangan (Cadangan)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
30310371.3 Sut e c.2Perpustakaan UM Metro (Rak 4)Tersedia
30311371.3 Sut e c.3Perpustakaan UM Metro (Rak 4)Tersedia
30312371.3 Sut e c.4Perpustakaan UM Metro (Rak 4)Tersedia
30313371.3 Sut e c.5Perpustakaan UM Metro (Rak 4)Tersedia
Judul Seri
-
No. Panggil/Kode rak
371.3 Sut e
Penerbit Media Akademi : Yogyakarta., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 228hal. : il. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786025584398
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I, cet. 1
Subjek
Metode Belajar Mengajar
Ergonomi Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-