Text
Teori manajemen pendidikan
Dunia pendidikan memiliki kontribusi yang sangat besar dan berarti dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh ■.. karena itu, pendidikan memerlukan tata-kelola (administrasi dan man'ajemen) yang baik dan benar sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, terutama dalam mencerdaskan kehidupan ber' dan bernegara. Manajemen" pendidikan merupakan kajian yang menekankan pada pelaksanaan penyelenggaraan iembaga pendidikan; dan merupakan pengemt dari berbagai disiplin keitmuan termasuk sosiologi, politik, ekonomi, dan manajemen umum. Semua aspek penting yang menyangkut teori dan praktis tersebut terangkum dalam buku Teori Manajemen Pendidikan ini.
Memuat berbagai topik utama dalam kajian keilmuan Manajemen Pendidikan khususnya teori-teori pendidikan dan manajemen seperti konsep, teori, dimensi, dan indikator dalam hakika't Manajemen Pendidikan; teori scientific managemenet dan teori humanized scientific management; teori administration, teori bureaucracy dan teori the function the executive; teori frontier of control, teori dinamic managemenet, dan teori rationalism; teori hierarchy of needs, teori motivation to work, dan teori achievement motivation; teori humanside of enterprise, teori X, Y, dan Z; teori degradation of work, teori future of work, dan teori perilaku kerjadan karier; teori small of beautiful, the man and his work (productivity), dan human relation; teori organizational culture dan organizatioal design; teori quality, control quality, and leadership; teori manajemen kerja {performance); teori marketing in managemenet and education; serta teori competitive advantage and professionalism.
Buku ini sangat penting sebagai materi utama perkuliahan dasar, terutama untuk program studi Manajemen Pendidikan, Administrasi Pendidikan, dan llmu Pendidikan pada umumnya serta bagi para pihak untuk memperkuat khazanah llmu Manajemen dalam perspektif pendidikan. Selain menampilkan beragam teori manajemen yang diadopsi ke dalam manajemen pendidikan, juga memuat berbagai variabel teknik mengembangkan teori dalam kawasan penetitian Manajemen Pendidikan dan llmu Pendidikan pada umumnya.
Tidak tersedia versi lain