Text
Supervisi pendidikan : teori dan praktik
Banyaknya kritik pada bidang layanan kepengawasan menggambarkan bahwa supervisi pendidikan dianggap belum mampu memberikan dampak positif terhadap mutu dan proses pendidikan. Salah satu penyebab permasalahan ini muncul adalah terkait dengan profesionalisme pengawas. Kedudukan pengawas sebagai "guru" bagi para guru dan kepala sekolah/madrasah, telah menempatkannya menjadi salah satu faktor penentu dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi peningkatan kualitas pendidikan.
Oleh sebab itu, pengawas akan terus dituntut untuk mengembangkan kompetensi dan profesionalismenya. Kemampuan teknik supervisi dan pembinaan, dalam bentuk pengetahuan teoretis dan teknis, serta prosedural mengenai tugas-tugas kepengawasan menjadi hal penting yang hams dimiliki oleh setiap pengawas.
Buku yang ditulis oleh widyaiswara dengan 10 (sepuluh) tahun pengalaman pada bidang pengawasan ini, mencoba memberikan panduan serta petunjuk praktis mengenai teknik supervisi dan pembinaan bagi para pengawas pendidikan. Konsep dan prosedur praktis dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial yang dikupas dalam buku ini, diharapkan bisa lebih memudahkan para pengawas dalam memahami penyusunan program, pelaksanaan, dan evaluasi kepengawasan. Tujuannya agar layanan kepengawasan atau supervisi pendidikan benar-benar berfungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.
Tidak tersedia versi lain