Text
Pengantar teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI
Buku ini memaparkan tentang kurikulum khususnya tentang teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI. Terdiri atas 14 bab, pembahasan buku ini dibuka dengan pemaparan tentang pengertian, fungsi dan paradigma kurikulum. Disusul dengan pembahasan tentang prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas pengembangan kurikulum PAI mulai dari asas religi, asas filosofi, asas psikologi dan asas sosiologi menjadi pemahasan selanjutnya. Setelah itu, dibahas terkait kurikulum muatan lokal, model-model pengembangan kurikulum lokal dan model kurikulum lokal berbasis akhlak. Lalu disambung dengan pembahasan tentang sejarah kebijakan kurikulum PAI dan peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI. Di bagian akhir buku ini disajikan pembahasan mengenai implementasi kurikulum PAI berbasis kompetensi dan reorientasi kurikulum PAI.
Tidak tersedia versi lain