perpustakaan@ummetro.ac.id
Pilih Bahasa :
Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Informasi Warta Perpustakaan
  • Layanan
    Referensi Bebas Pustaka Literasi Informasi Usul Koleksi
  • e-Resources
    e-Journal eBooks Jurnal Prodi
  • FAQ
  • Tools
    Reference Manager
  • Area Anggota

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kinerja guru
Penanda Bagikan

Text

Kinerja guru

Supardi - Nama Orang;

Kinerja guru di madrasah ditentukan oleh faktor supervisi kepala madrasah, pemahaman terhadap kurikulum serta iklim kerja yang tercipta di madrasah. Kinerja guru memengaruhi mutu madrasah. Mutu Madrasah Aliyah masih rendah sehingga terpinggirkan dibandingkan dengan lembaga pendidikan non Islam dan lembaga pendidikan yang dikelola Depdiknas/Dinas Pendidikan.

Penelitian tentang supervisi kepala sekolah, pemahaman guru terhadap kurikulum, iklim kerja dan kinerja guru baik penelitian-penelitian terdahulu maupun penelitian-penelitian terkini perlu dipelajari dan dicermati untuk dijadikan masukan bagi perbaikan mutu pendidikan pada madrasah.

Kinerja guru dipengaruhi oleh pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi. Supervisimerupakan faktor ekstrinsik yang berkontri-busi secara signifikan terhadap motivasi kerja, prestasi, dan profe-sionalisme guru.

Suasana belajar sekolah dengan faktor-faktor yang ada di dalamnya ditemukan hubungan positif dan paralel antara iklim belajar sekolah dengan efektivitas sekolah. Efektivitas suatu sekolah dalam praktiknya dapat dilihat dari beberapa aspekyang meliputi: iklim belajar, penguatan kemampuan dasar peserta didik, terpenuhinya harapan guru, adminis-trasi kepemimpinan dan sistem umpan balik dalam penilaian kemajuan akademik.

Pemahaman guru terhadap kurikulum memengaruhi kinerja guru. Guru dituntut memiliki pemahaman serta kemampuan menjabarkan, mengem-bangkan dan mengimplementasikan kurikulum. Pemahaman kurikulum adalah kemampuan membedakan, memperluas, menerangkan, menyim-pulkan, memberi contoh, mengklasifikasikan konsep-konsep kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.12 Sup k c.1
29773
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.12 Sup k c.2
29774
Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada 2019-11-06)
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.12 Sup k c.3
29775
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.12 Sup k
Penerbit
Jakarta : Rajawali Pers., 2016
Deskripsi Fisik
xiv, 318 hal. : il. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797696078
Klasifikasi
371.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. I, cet. 3
Subjek
Profesionalisme Guru
Kinerja Guru
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

NPP 1872042D2000003

Jalan KH. Dewantara No.116 Iring Mulyo Kota Metro, Lampung 16416

Link Terkait
  • UM Metro
  • Repository Dosen
  • Koleksi eBook Digital
  • UM Metro Press
  • Garuda Kemdikbud
Jam Operasional Layanan

Offline

Senin-Kamis 07.30 - 15.30 WIB
Jumat 07.30 - 11.30 WIB

Sabtu, Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional Tutup

Kontak


© 2025 — Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?