Text
Bisnis halal : teori dan praktik
Buku ini memberikan pengenalan bisnis halal dan perkembangannya baik di pasar global maupun dalam negeri. Permintaan terhadap produk halal menunjukkan peningkatan yang semakin pesat, sejalan dengan pesatnya pertumbuhan penduduk Muslim di dunia dan meningkatnya kesadaran dan ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk halal. Buku ini memberikan wawasan bagaimana bisnis halal di dunia berkembang dengan pesatnya dan telah mencakup berbagai macam sektor perekonomian.
Bagian awal buku ini berisi tentang penjelasan umum mengenai karakteristik beberapa bisnis halal yang sedang tumbuh, yang di dalam buku ini mencakup jasa keuangan, industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetik dan personal care, serta pariwisata syariah. Pada bagian ini pembaca akan disuguhkan berbagai konsep dan prinsip yang sangat penting untuk dipahami dalam pengembangan bisnis halal terkait, mulai dari proses penyembelihan hewan yang memegang peranan penting dalam industri makanan dan minuman halal hingga pentingnya standar pelayanan jasa pariwisata yang memahami kebutuhan pelanggan Muslim (Muslim friendly).
Bagian berikutnya dari buku ini memaparkan perkembangan sertifikasi halal sebagai instrumen penentu halal tidaknya suatu produk, baik produk makanan dan minuman, obat-obatan, kosmetik, dan produk lainnya. Pertumbuhan lembaga sertifikasi halal di dunia, termasuk di Indonesia, juga diulas secara gamblang, termasuk persoalan-persoalan yang dihadapi oleh lembaga-lembaga sertifikasi halal. Dalam bagian ini pula akan dijelaskan perbedaan standardisasi halal antar satu negara dengan negara yang lain, dan bagaimana perbedaan ini menjadi tantangan tersendiri untuk memasarkan produk halal ke sesama negara Muslim.
Bagian ketiga hingga terakhir dari buku ini akan membahas masing-masing sektor bisnis halal secara lebih spesifik. Di antaranya, tren dan perkembangan sektoral bisnis halal di dunia dan bagaimana posisi Indonesia di tengah perkembangan sektor bisnis halal yang bersangkutan. Bagian pembahasan sektoral ini juga melihat perilaku konsumen dan produsen, peluang dan tantangan pengembangan di masing-masing sektor, serta langkah-langkah yang perlu ditempuh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan masing-masing sektor bisnis halal di Indonesia.
Akhirnya, buku ini ditujukan bagi semua kalangan, dari pemerintah, pihak swasta, pengusaha, peneliti, mahasiswa, hingga masyarakat umum yang memiliki kepedulian dan ketertarikan terhadap perkembangan bisnis halal yang sudah semakin merambah ke berbagai bidang, baik di tanah air maupun di mancanegara.
Tidak tersedia versi lain