Text
Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi: Teori dan Praktek
Sistem Penilaian dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh peserta pendidik telah menguasai Kompetensi Dasar yang telah titetapkan. Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi uyang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menetukan kompetensi yang telah dikuasai dan yang belum dikuasai, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.
Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan berupa program remedial. Apabila peserta didik belum tuntas atau belum menguasai kompetensi yang telah ditetapkan maka peserta didik tersebut harus mengikuti program pembelajaran dan diuji ulang (remedial). Sedangka peserta didik yang telah lulus atau tuntas dan menguasai kompetensi dasar yang telah ditetapkan maka peserta didik tersebut melanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya. Dalam hal penilaian berkelanjutan, guru harus membuat kisi-kisi dan rangkuman penilaian secara
Tidak tersedia versi lain