Text
Panduan praktis perawatan mobil : komponen casis dan transmisi
Pemeliharaan (Maintenance) adalah suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Yang dimaksud dengan pemeliharaan di sini meliputi perawatan dan perbaikan.
Pemeliharaan terdiri dari dua macam, yaitu:
1. Perawatan terencana atau perawatan berkala dan
2. Perawatan takterencana atau perbaikan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu.
Perawatan terencana atau perawatan berkala atau servis dikerjakan atas dasar
sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan),
meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang terjadi sedikit
kegiatan perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana disebut dengan perbaikan
atau reparasi, yaitu jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan di luar jadwal perawatan
berkala. . •
Banyak pekerjaan kontrol dan diagnosa yang harus dilakukan pada servis kendaraan. Kelalaian pada pengontrolan akan menaikkan jumlah resiko gangguan dan kerusakan yang tidakdapatdiperkirakan.
Buku dengan judul PANDUAN PRAKTIS PERAWATAN MOBIL, saya bagi dalam tigajilid,yakni:
Jilid yang pertama membahas tentang Komponen Mesin yang meliputi perawatan umum tentang mesin mobil, baik mesin bensin dan mesin diesel, sistem pengapian, sistem pendingiman mesin dan pelumasan mesin serta tentang jenis bahanbakardanpelumas.
Jilid yang kedua membahas Komponen Chasis dan Transmisi, meliputi : gambaran umum tentang apa itu chasis dan transmisi, rangka dan bodi mobil, sistem suspensi, sistem kemudi, kopling, poros gardan dan roda gigi transmisi, poros diferensial, poros belakang, sistem rem, roda dan ban, fender, pengecatan bodi.
Jilid yang ketiga membahas Komponen Sistem Kelistrikan, meliputi : Baterai/Accumulator, Sistem Pengisian/Charger, Sistem Starter, Sistem Penerangan danTanda.Wiperdan AC Mobil.
Tidak tersedia versi lain