PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Membangun sekolah Islam unggul
Penanda Bagikan

Text

Membangun sekolah Islam unggul

Basyari, Ahmad - Nama Orang; Hidayatullah - Nama Orang;

Buku ini sejatinya merupakan buah dari kegelisahan penulis mendapati realitas pendidikan di Indonesia, yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam (PAI). Mata pelajaran PAI yang selama ini diajarkan mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi seharusnya dapat membentuk pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah sSi, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional iSisdiknas), Pasal 3, yang berbunyi:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pada kenyataannya, pengajaran PAI di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi dianggap beberapa ahli belum berhasil dalam membentuk moralitas anak bangsa secara nasional. Indikasi ketidakberhasilan tersebut ditandai dengan makin maraknya penyimpangan perilaku peserta didik dan output pendidikan secara umum, seperti tingginya kasus korupsi, perbuatan asusila, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan Iain-lain. Padahal, pendidikan agama secara formal merupakan landasan spiritual yang menentukan dalam pembentukan moralitas, watak, dan kepribadian bangsa secara nasional.
Belakangan ini muncul konsep Sekolah Islam Terpadu, yang menggabungkan konsep dasar Aktivitas Terpadu (Integrated Activity) dan Kurikulum Terpadu (Integrated Curriculum). Ditambah lagi dengan adanya "kompetisi" di antara Sekolah Islam Terpadu telah memunculkan kreativitas dan inovasi yang menciptakan sistem pendidikan unggul, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Sejauh mana konsep Sekolah Islam Terpadu dapat menjadi solusi dalam menghasilkan output pendidikan di Indonesia yang masih jauh dari harapan, dituangkan secara komprehensif di dalam buku ini.
Secara spesifik, bahan dasar buku ini berasal dari penelitian yang dilakukan penulis di SMPIT Nururrahman, Depok. Lembaga pendidikan tersebut adalah "rumah" yang lebih dari satu setengah dasawarsa menjadi tempat penulis mengabdi dan menuangkan ide-ide dalam menggodok para siswa dalam kawah candradimuka pembinaan dan pendidikan. Penelitian tersebut dilakukan untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan penulis pada Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun, Bogor. Sekalipun demikian, hasil penelitian yang tertuang di dalam buku ini dapat digunakan sebagai model bagi Sekolah Islam Terpadu lainnya dalam rangka menyiapkan program serupa, bahkan untuk mengembangkan program yang lebih baik lagi. Selain itu, muatan ilmiah di dalam buku ini sengaja disajikan dalam bahasa populer agar enak dibaca.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 2X7.3 Bas m c.1
29211
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 3) 2X7.3 Bas m c.2
29212
Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada 2024-10-15)
#
Sirkulasi (Rak 3) 2X7.3 Bas m c.3
29213
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 Bas m
Penerbit
Jakarta : Emir., 2017
Deskripsi Fisik
xxx, 242 hal. : il. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020935720
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikah Islam
Sekolah Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?