Text
Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar
Perubahan perilaku manusia sebagian besar terbentuk melalui proses bela]ar, dan hanya sebagian kecil _yang disebabkan karena nonbela|ar _yaitu perubahan karena faktor kematangan, insting, dan reflek. Karena proses belajar inilah sehingga manusia memiliki kebudayaan. Pemahaman tentang prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran akan membantu memahami mengapa kita memiliki kemampuan berperilaku seperti saat ini.
Pembelajaran tidak akan banyak maknanya tanpa memahami bagaimana proses belajar 3/ang terjadi pada individu. Oleh sebab itu, buku Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajarini disusun dengan harapan dapat membantu para dosen, guru, pendidik. konselor, dan pengelpla kegiatan pembelajaran, agar proses belajar individu menjadi lebih mudah, lebih efektif, efisien, dan berarah tujuan. Untuk kepentingan tersebut maka buku ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar j^ng bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran_yang bersifat pres/cr/pt/Tdilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik_yangdidesain maupun nondesain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktik pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran_yang didasarkan pada teori belajar:
1. Hakikat Belajar dan Pembelajaran
2. Pendekatan Penelitian tentang Belajar dan Pembelajaran
3. Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran
4. Faktor-faktor_yang memengaruhi Belajar
5. Teori Belajarj/ang berpijak pada Pandangan Behaviorisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
6. Teori Belajar_yang berpijak pada Pandangan Kognitif dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
7. Teori Belajar_yang berpijak pada Pandangan Konstruktivisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
8. Teori Belajarj'ang berpijak pada Pandangan Humanisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
9. Teori Pengolah Informasi dalam sistem memori manusia dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
10. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran
Tidak tersedia versi lain