Text
Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidisipliner : Normatif, Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum
Hingga saat ini, mutu pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan dengan mutu pendidikan secara umum. Hal ini terjadi antara lain, kaena pelaksanaan pendidikan yang diselanggarakan oleh pelbagai lembaga pedidikan Islam, belum dilakukan secara terencana dan terkonsep. Visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, kualifikasi guru, kriteria calon siswa, mutu lulusan, standar sarana prasarana, biaya, lingkungan, dan evaluasi tidak dirumuskan berdasarkan sebuah teori matang.
Di sisi lain, Pendidikan Islam sendiri memiliki kaitan yang erat dengan pelbagai disiplin ilmu, misalnya: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam erat kaitannya dengan filsafat, metodelgi pengajarannya erat dengan psikologi dan kebudayaan; kurikulumnya erat dengan filsafat dan iptek, aspek sarana-prasarana dan pembiyaannya erat kaitannya dengan ilmu ekonmi dan politik; aspek hubungan antara pendidik dengan peserta erat kaitannya dengan ilmu sosiologi dan psikologi, dan seterusnya.
Dengan mnghadirkan pendekatan multidis
Tidak tersedia versi lain