perpustakaan@ummetro.ac.id
Pilih Bahasa :
Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Informasi Warta Perpustakaan
  • Layanan
    Referensi Bebas Pustaka Literasi Informasi Usul Koleksi
  • e-Resources
    e-Journal eBooks Jurnal Prodi
  • FAQ
  • Tools
    Reference Manager
  • Area Anggota

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Revitalisasi penilaian pembelajaran : dalam konteks pendidikan multiliterasi abad ke-21
Penanda Bagikan

Text

Revitalisasi penilaian pembelajaran : dalam konteks pendidikan multiliterasi abad ke-21

Abidin, Yunus - Nama Orang;

Sejalan dengan berkembangnya paradigma pendidikan pada abad ke-21, penilaian dapat dipandang dari tiga terminologi yakni penilaian sebagai belajar, penilaian untuk pembelajaran, dan penilaian dalam pembelajaran. Berdasarkan tiga terminologi ini, penilaian memiliki peran penting sebagai pengembangan, pemandu, dan pengukur pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara pandang baru terhadap penilaian melewati batas pandang selama ini yang hanya menganggap penilaian sebagai alat untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran.
Bertemali dengan pandangan di atas, dalam buku ini diuraikan secara tuntas konsepsi revitalisasi penilaian pembelajaran. Selain itu, disajikan pula beragam instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menilai multikompetensi siswa secara komprehensif. Ragam instrumen dimaksud meliputi penilaian keterampilan belajar abad ke-21 yakni penilaian keterampilan berpikir, baik berpikir kritis, kreatif, pemecahan masalah, maupun metakognisi; penilaian keterampilan performa; penilaian pengetahuan; dan penilaian sikap, perilaku, dan karakter.
Melengkapi pembahasan tersebut, dalam buku ini dipaparkan pula konsep bias dalam penilaian dan strategi mengembangkan instrumen penilaian yang adil, valid, reliabel, komprehensif, koheren, serta berkelanjutan. Melalui pembahasan menyeluruh ini, diharapkan sidang pembaca akan beroleh setitik pencerahan tentang perlunya melakukan revitalisasi penilaian pembelajaran dalam konteks pendidikan abad ke-21 ataupun dalam konteks implementasi Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional di Indonesia saat ini.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.2 Abi r c.1
28376
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.2 Abi r c.2
28377
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.2 Abi r c.3
28378
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.2 Abi r
Penerbit
Bandung : Refika Aditama., 2016
Deskripsi Fisik
x, 306 hal. : il. ; 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786027948976
Klasifikasi
371.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Penilaian Pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

NPP 1872042D2000003

Jalan KH. Dewantara No.116 Iring Mulyo Kota Metro, Lampung 16416

Link Terkait
  • UMM Metro
  • Repository Dosen
  • Koleksi eBook Digital
  • Garuda Kemdikbud
Jam Operasional Layanan

Offline

Senin-Kamis 07.30 - 15.30 WIB
Jumat 07.30 - 11.30 WIB

Sabtu, Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional Tutup

Kontak


© 2025 — Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?