Text
Revitalisasi penilaian pembelajaran : dalam konteks pendidikan multiliterasi abad ke-21
Sejalan dengan berkembangnya paradigma pendidikan pada abad ke-21, penilaian dapat dipandang dari tiga terminologi yakni penilaian sebagai belajar, penilaian untuk pembelajaran, dan penilaian dalam pembelajaran. Berdasarkan tiga terminologi ini, penilaian memiliki peran penting sebagai pengembangan, pemandu, dan pengukur pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara pandang baru terhadap penilaian melewati batas pandang selama ini yang hanya menganggap penilaian sebagai alat untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran.
Bertemali dengan pandangan di atas, dalam buku ini diuraikan secara tuntas konsepsi revitalisasi penilaian pembelajaran. Selain itu, disajikan pula beragam instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menilai multikompetensi siswa secara komprehensif. Ragam instrumen dimaksud meliputi penilaian keterampilan belajar abad ke-21 yakni penilaian keterampilan berpikir, baik berpikir kritis, kreatif, pemecahan masalah, maupun metakognisi; penilaian keterampilan performa; penilaian pengetahuan; dan penilaian sikap, perilaku, dan karakter.
Melengkapi pembahasan tersebut, dalam buku ini dipaparkan pula konsep bias dalam penilaian dan strategi mengembangkan instrumen penilaian yang adil, valid, reliabel, komprehensif, koheren, serta berkelanjutan. Melalui pembahasan menyeluruh ini, diharapkan sidang pembaca akan beroleh setitik pencerahan tentang perlunya melakukan revitalisasi penilaian pembelajaran dalam konteks pendidikan abad ke-21 ataupun dalam konteks implementasi Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional di Indonesia saat ini.
Tidak tersedia versi lain